Motion

Tak Tega Lihat Anjing Telantar dan Dibuang, Komunitas Ini Lakukan Tindakan Nyata

Saat ini banyak anjing yang dibuang dan disakiti. Hal itulah yang membuat komunitas ini tergerak menyelamatkan anjing-anjing tersebut.

Tak Tega Lihat Anjing Telantar dan Dibuang, Komunitas Ini Lakukan Tindakan Nyata
ISTIMEWA

SAAT ini berbagai macam komunitas pecinta binatang terbentuk sesuai dengan jenis binatang yang mereka sukai.

Satu di antaranya adalah Batam Dog Community (BDC). Komunitas Batam Dog Community ini berdiri sejak Maret 2017.

"Dalam kegiatan sosial BDC bertujuan mulia untuk menyelamatkan anjing terlantar. Kami juga bekerjasama dengan beberapa petshop dan klinik dokter hewan. Seperti Hobbies Petshop, MyPetHouse, Chubby Petshop, Kawaii Pethouse, Klinik Waras Satwa Petshop Drh.Jonet, dan lainnya," ujar admin BDC, Suryadi yang sering disapa Andi kepada Tribun, Selasa (3/4/2018).

Andi mengatakan, saat ini ia bersama-sama anggota komunitas Batam Gukguk United bergerak menyelamatkan anjing-anjing yang terlantar di Kota Batam.

Karena kenyataannya saat ini banyaknya anjing yang dibuang dan disakiti, hal itulah yang membuat mereka tergerak menyelamatkan anjing-anjing tersebut.

"Anjing yang kami selamatkan, kami bawa ke dokter untuk diobati, kemudian dirawat sampai sembuh. Setelah sembuh, kami berikan pada orang yang bersedia merawatnya (istilahnya Open Adopt)," terang Andi.

Dalam merawat anjing, lanjut Andi, harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh si calon pengadopsi. Seperti mengisi formulir, interview dan survei lokasi.

"Hal ini kami lakukan agar orang yang merawat anjing adopsi benar-benar masuk kriteria dan berkomitmen dalam merawat anjing sampe akhir hayat," katanya. (*)

Sebelum Diadopsi Wajib Disteril Dulu

UNTUK bisa mengadopsi anjing yang berada di bawah pengawasan BDC tak bisa dilakukan secara sembarangan. Dan yang paling utama anjing yang akan diadopsi harus terlebih dulu disteril.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved