Mellennial

Pedicure Sendiri di Rumah Ternyata Gampang. Ini Dia 6 Tahapan yang Harus Dilakukan

Dalam melakukan pembersihan terhadap kuku, hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak membersihkan kuku secara dalam.

Pedicure Sendiri di Rumah Ternyata Gampang. Ini Dia 6 Tahapan yang Harus Dilakukan
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

KUKU yang terlihat bersih, rapi dan sehat tak hanya berlaku untuk kuku tangan saja lho Mellennials. Area kuku kaki juga tak kalah penting untuk diperhatikan kebersihannya.

Caranya, selain bisa melakukan perawatan di salon kecantikan, bagi yang memiliki low budget bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Imelda, seorang entrepreneur skin care di Batam mengatakan, perawatan kuku kaki memang harus rutin dilakukan agar kuku kaki tetap bersih dan sehat.

Dan selama ini, ia mengaku lebih suka melakukan pedicure di salon karena tidak hanya fokus pada kuku melainkan lebih ke perawatan kaki.

Memang harus diakui, hasil pedicure di salon memang terlihat lebih maksimal. Meski begitu, bukan berarti perawatan sendiri di rumah hasilnya jelek lho. Karena sebenarnya, kita bisa melakukannya sendiri mulai pembersihan hingga pemotongan kuku yang sudah panjang serta perawatan kuku panjang agar lebih terawat.

Seperti yang dilakukan Ella, mahasiswi Ibnu Sina. Dia mengatakan, jika ia merawat kukunya cukup di rumah saja dengan membeli alat pemotongan kuku dan pembersihnya. Sebagai sosok yang tidak menyukai kuku panjang, membuatnya rutin membersihkan kuku setiap minggunya.

Dan hal yang sama juga dilakukan Ika Perwita, lulusan SMA 3 Batam ini juga sangat mengutamakan kebersihan kuku, teutama kuku kaki.

Jika ada waktu ia akan perawatan di salonnya. Sedangkan jika tidak mempunyai waktu banyak, ia akan pedicure sendiri di rumah.

"Pedicure itu bukan hanya di kuku tapi kaki. Jadi perawatan kaki sekalian. Dan pelengkapnya ada spa kaki sangat baik untuk kaki yang kering jadi lebih lembab," kata Dewi, selaku karyawan Qbee nail and salon di Mega Mall lantai dua pada Rabu (4/3).

Dalam melakukan pembersihan terhadap kuku, hal yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak membersihkan kuku secara dalam. Karena akan mengakibatkan kuku terluka dan membuat kuku menjadi busuk hingga bernanah.

"Jadi sebelum dibersihkan kuku perlu direndam supaya lebih lembut, tidak hanya kuku tapi kulit mati di sekitar kuku juga membuat lebih mudah terangkat," ujar Dewi.

Mengenai jadwal pedicure, tidak ada batasan waktu tertentu. Hanya saja kamu perlu perhatikan kuku kakimu, perlu saatnya perawatan atau belum. (*)

Tips
Teknik Pedicure Simple
1. Rendam kaki dengan air hangat selama 3-5 menit
2. Gunting kulit mati di sekitar kuku
3. Gosok kulit mati di bagian telapak kaki
4. Shapping atau rapikan kuku
5. Scrub kaki, agar kulit mati terangkat
6. Terakhir massage kaki agar lebih lembut dan lembab. (*)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved