Pemilu dan Pilpres 2019

Miliki Suara 40 Persen, Generasi Milenial Jadi Penentu Dalam Pemilu dan Pemilihan Presiden 2019

Suara generasi milenial atau pemilih pemula akan sangat menentukan dalam Pemilihan Legislatif mau pun Pemilihan Presiden 2019.

Miliki Suara 40 Persen, Generasi Milenial Jadi Penentu Dalam Pemilu dan Pemilihan Presiden 2019
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Suara generasi milenial atau pemilih pemula akan sangat menentukan dalam Pemilihan Legislatif mau pun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Pengamat Politik Voxpop Center Pangi S Chaniago menerangkan, jumlah pemilih Pemilu 2019 dari kalangan milenial sekitar 40 persen.

 Mereka adalah pemilih pemula yang berusia 17-21 tahun.

"Generasi milenial kunci kemenangan Pileg dan Pilpres," ujar Pangi dalam diskusi bertajuk Partisipasi Generasi Milenial Dalam Pemilu 2019 di Kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Diskusi digelar oleh Angkata Muda Partai Golkar (AMPG) , membahas partisipasi generasi millennial dalam pemilu tahun 2019 nanti. 

Pangi mengatakan, generasi milenial memiliki sifat kreatif, percaya diri, tidak loyal serta tidak ingin menjadi objek politik.

Generasi milenial bukan tipe yang mau diatur. "Mereka sangat erat kaitannya dengan media sosial," ujarnya.

Wakil Bendahara Umum Pengurus Pusat Angkatan Muda Partai Golkar Ahmad Irawan mengatakan, sekitar 40 persen dari jumlah pemilih di Pemilu 2019 mendatang merupakan generasi milenial.

"Siapa yang bisa menarik hatinya bisa menang Pemilu," ujarnya.

Anggota KPU RI Hasyim Asy'ari menambahkan bahwa generasi millenial di Indonesia memiliki semangat inklusif yang lebih tinggi daripada generasi sebelummnya.

Yakni, semangat merangkul segala macam latar belakang, ras, suku, agama.

Politik inklusif menjadi cara atau metode strategis untuk berpatisipasi dalam berpolitik, demokrasi, dan pemilu.

"Karena dengan begitu akan banyak kawan. Dengan banyak kawan maka banyak pula sumber daya, sehingga ketika memainkan peran politik di level masyarakat politik, langkah-langkahnya akan menjadi lebih ringan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Miliki Suara 40 Persen, Generasi Milenial Jadi Penentu Dalam Pemilihan Presiden 2019".

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help