Mustika Rasa

Mie Masak Itam, Warnanya Unik Pedasnya Bikin Nagih

Melihat tampilannya yang berwarna hitam pasti akan membuat penasaran. Rasanya yang gurih pedas membuat mie masak itam bikin nagih.

Mie Masak Itam, Warnanya Unik Pedasnya Bikin Nagih
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BAGI masyarakat Melayu, rasanya tidak heran dengan masakan sotong masak hitam. Dan ternyata tinta pada cumi juga bisa digunakan untuk membuat menu lainnya. Salah satunya adalah mie.

Jika biasanya tampilan mie berwarna kuning atau yang belakangan tren ada warna merah, hijau atau ungu, sekarang mie juga ada yang berwarna hitam. Efek hitam tersebut berasal dari campuran tinta cumi.

"Sotong masak itam sudah banyak dan kali ini buat sesuatu yang berbeda. Kalau yang sudah ada terbuat dari mie sphagetty tetapi ini dari mie kuning," kata Nunik, Manager Resto Mie Masak Itam khas Batam di Khazanah Plaza blok RE no 15.

Dalam acara soft opening beberapa hari lalu, tampilan mie terlihat cukup unik dan bikin penasaran. Dimasak dengan campuran tinta sotong membuat warna mie terlihat cukup hitam.

Tak hanya mie saja, sajian tersebut juga diberikan topping sotong goreng tepung crispy yang membuat sajian mie terasa lebih gurih dan yummy.

Tak hanya sotong goreng tepung, pilihan topping juga bisa diganti dengan udang goreng tepung. Semua tergantung selera saja.

Citarasa pedas sangat dominan pada hidangan mie masak itam, hal ini disesuaikan dengan cita rasa masakan melayu yang khas dengan rasa pedas dari cabai keringnya.

Selain pedas, sajian tersebut juga terasa gurih dari rasanya mienya yang kenyal. Meskipun menggunakan campuran tinta cumi, namun jangan takut akan membuat mie menjadi lembek. Karena, saat dimasak, tinta cumi akan meresap ke dalam mie sehingga mie akan tetap tersaji kering layaknya mie goreng biasa.

"Ciri khas mie masak itam itu rasa pedasnya. Jadi bisa ditambah dengan potongan cabai kering," katanya.
Nah, bagi yang penasaran ingin mencobanya sendiri di rumah, jangan lewatkan resep mie masak itam yang dibagikan untuk pembaca Tribun Batam. Selamat mencoba! (*)

Resep Mie Masak Itam
Bahan:
200 gram mie kuning
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
5 batang cabai kering
Tinta cumi secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Cara Pembuatan:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai kering
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan tinta cumi, dan sedikit air
3. Masukan mie, aduk rata
4. Masukan garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga semua bumbu merata. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved