Karantina Obok-obok Pasar di Tanjungpinang, Razia Ikan Pakai Formalin! Ini Hasilnya!

Balai Karantina turun ke pasar di Tanjungpinang merazia produk ikan yang memakai formalin. Ini hasil razianya!

Karantina Obok-obok Pasar di Tanjungpinang, Razia Ikan Pakai Formalin! Ini Hasilnya!
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.Id, TANJUNGPINANG-Pengawasan terhadap bahan pokok makanan di pasaran terus dilakukan. Tak hanya BPOM Batam saja yang sebelumnya sempat 'mengubek-ubek' di pasar wilayah Tanjungpinang, kali ini giliran balai karantina ikan dan keamanan hasil perikanan (BKIPM) Tanjungpinang.

Rombongan tim menuju pasar Bintan Center yang berlokasi di Batu 9 kecamatan Tanjungpinang Timur. Tim mengecek seluruh isi jenis ikan yang dijual di pasar. Risma Delima Simanjuntak selaku ahli dan inspektur keamanan pangan hasil perikanan Karantina menuturkan bahwa ini kegiatan rutin dilakukan.

Baca: Benarkah Bercinta di Kamar Hotel Lebih Menggairahkan? Begini Hasil Surveinya!

Baca: Terungkap! Golongan Darah Mencerminkan Kepribadian Anda! Golongan Darah Ini Paling Mengejutkan!

Baca: Mencekam! Kisah Kapal Selam TNI AL Cegat Iring-Iringan Armada Kapal Induk Inggris di Lautan!

Baca: Heboh! Sebelum Dikremasi, Jasad Pria Jutawan Ini Dipakaikan Perhiasan Emas Rp 1,3 Miliar!

"Ini tujuannya untuk menjaga keamanan pangan produk perikanan yang ada di Tanjungpinang. Nah disini salah satu yang kita jadikan contoh perwakilan pasar yang lain di Tanjungpinang," katanya ditemui di pasar Bintan center usai melaksanakan kontrol kualitas ikan, Selasa (10/4/2018).

Sasaran membahayakan yang harus disterilkan yakni terhindarnya ikan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat luas bebas dari kandungan berbahaya seperti formalin atau pengawet kimia.

"Termasuk borak juga. Apa ada kandungan yang kita perlu cek oleh ahli. Namun kita pastikan pasar Bintan center ikan yang dijual aman. Kita sudah lakukan penelitian, dengan pengecekan sekarang ini, hasilnya negatif tak ada yang mengandung kimia obat yang dilarang," katanya.

Suasana razia karantina di Pasar Bintan Center, Selasa (10/4/2018)
Suasana razia karantina di Pasar Bintan Center, Selasa (10/4/2018) (tribunbatam/wahibwaffa)

Setidaknya ada 11 jenis ikan dan bahan makanan mengandung ikan yang dilakukan pengecekan. Diantaranya ikan sarden, ikan asin sempat, ikan Selar, bakso goreng kecil dan sedang, bakso besar, bakso ikan, tongkol, udang , ikan gabus dan udang.

Ia mengatakan bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin dapat berdampak langsung pada kelebihan normal pada jaringan tubuh manusia dan terjadinya pengerusakan organ dalam tubuh manusia karena terjadinya pengerasan.

"Akan ada pengerasan di organ tubuh kita setelah memakan makanan yang mengandung formalin dan borak. Konsumen harus cerdas dalam memilih makanan," tambahnya.

Kegiatan dengan tema 'goes to Market 'yang berlangsung selama lebih kurang satu jam ini didampingi oleh BPOM dan juga dinas kesehatan. Para pedagang juga menyambut baik upaya yang dilakukan oleh instansi yang terkait.(*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help