Kepri Provinsi Dengan Lansia Kecil! Tapi Bupati Bintan Punya Kejutan Ini! Begini Alasannya!

Penduduk lansia di Bintan terbilang banyak, meski secara nasional lansia di Kepri terkecil. Ini kejutan Bupati Bintan!

Kepri Provinsi Dengan Lansia Kecil! Tapi Bupati Bintan Punya Kejutan Ini! Begini Alasannya!
tribunbatam/aminnudin
Bupati Bintan Apri Sujadi saat memberikan bantuan kepada lansia beberapa waktu lalu 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Jumlah penduduk berusia lansia di Bintan ternyata cukup signifikan juga. Data Disdukcapil Bintan, ada 8.840 orang yang tersebar di berbagai kecamatan di Bintan.

Jumlah penduduk Bintan sendiri saat ini ada 151.248 jiwa. Dengan demikian, penduduk lansia menempati angka 5,8 persen dari total jumlah.

Baca: Terungkap! Inilah 7 Teknik Selamatkan Diri dari Serangan Hewan Buas! Nomor 2 Mengejutkan!

Baca: Mencekam! Kisah Kapal Selam TNI AL Cegat Iring-Iringan Armada Kapal Induk Inggris di Lautan!

Baca: Heboh! Sebelum Dikremasi, Jasad Pria Jutawan Ini Dipakaikan Perhiasan Emas Rp 1,3 Miliar!

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, penduduk berusia lanjut atau lansia patut mendapatkan prioritas dalam layanan pemerintah.

Apri ingin menciptakan kondisi bahwa Bintan tak hanya ramah anak, pun dengan warga lansia pun demikian. Sehingga prinsip keadilan sosial tercipta dengan baik.

"Lansia harus mendapatkan prioritas terutama layanan Bidang Kesehatan,"kata Apri Sujadi, Selasa (10/4/2018).

Ditekankannya, beberapa lokasi khusus aktivitas lansia di Bintan harus terakomodasi secara baik. Dirinya ingin mewujudkan Bintan sebagai lokasi ramah lansia dimana lansia dapat mengakses ke semua hal, baik transportasi, pemeriksaan kesehatan atau kegiatan sosial lainnya.

"Beberapa lokasi yang diciptakan untuk aktivitas lansia seperti taman-taman di masjid raya, taman kijang city Walk dan nantinya taman kolam kijang juga bisa digunakan

untuk akses jalan kaki bagi para lansia di pagi hari, juga di taman Sri Kuala Lobam. Di Bidang kesehatan , lansia juga mendapatkan prioritas dan tidak perlu repot untuk mendaftar,"kata Apri.

Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, diketahui bahwa belum seluruh provinsi di Indonesia berstruktur tua. Ada 19 provinsi di Indonesia yang memiliki struktur penduduk tua.

Tiga provinsi dengan persentase lansia terbesar di Indonesia adalah DI Yogyakarta (13,81%), Jawa Tengah (12,59%) dan Jawa Timur (12,25%).

Sementara itu, tiga provinsi dengan persentase lansia terkecil adalah Papua (3,20%), Papua Barat (4,33%) dan Kepulauan Riau (4,35%). (*)

Tags
lansia
Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help