Limbah Minyak Diduga dari Pembersihan Kapal Cemari Pulau Kubung, Ini yang Dilakukan Lanal Batam

Pencemaran minyak itu sangat mengganggu aktifitas nelayan. Warga pun berharap instansi terkait segera mengambil tindakan.

Limbah Minyak Diduga dari Pembersihan Kapal Cemari Pulau Kubung, Ini yang Dilakukan Lanal Batam
istimewa
Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Lanal Batam menemukan menemukan pencemaran limbah minyak berwarna hitam di perairan dan pantai dan sungai Pulau Kubung Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa, Kota Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Lanal Batam menemukan menemukan pencemaran limbah minyak berwarna hitam di perairan dan pantai dan sungai Pulau Kubung Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Pencemaran itu ditemukan setelah Lanal melakukan patroli menggunakan Patkamla Silumba dan Posal Telaga Punggur 

Penemuan limbah minyak tersebut, menurut  Kata Komandan Lanal (Danlanal) Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, berawal dari adanya laporan masyarakat yang menyampaikan warga Pulau Kubung melihat adanya limbah minyak hitam yang mencemari perairan dan pantai.

Pencemaran minyak itu sangat mengganggu aktifitas nelayan.

Warga pun berharap instansi terkait segera mengambil tindakan.

"Dengan adanya informasi tersebut, selanjutnya personel Posal Telaga Punggur dan Unit Intelijen Lanal Batam bersama dengan Tim WFQR Lantamal IV segera merespon menuju ke lokasi," kata Iwan, Selasa (10/4/2018).

Iwan mengaku pihaknya langsung melakukan penyisiran sekitar perairan Pulau Ngenang, Pulau Kasam, Pulau Todak dan Bagan.

Di lokasi terlihat limbah tersebut tinggal sisa-sisa. Selanjutnya di bagian tempat lain terlihat sudah tidak ada lagi limbah minyak yang dikeluhkan warga.

"Dugaan sementara berdasarkan pengecekan di lapangan limbah itu kemungkinan limbah minyak bekas atau lensen kapal yang melaksanakan kegiatan pembersihan tangki kotor pada saat malam hari yang berada di OPL. Sehingga pada saat air pasang limbah minyak tersebut terbawa arus ke pantai," katanya.

Baca: Heboh Dugaan Limbah di Teluk Keriting! Begini Penampakan Cairan Hitam dan Kesaksian Warga!

Halaman
12
Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved