TribunBatam/

Tanjungpinang Segera Miliki Pengatur Lalulintas Cerdas, Ini Lokasinya Pemasangannya!

Tanjungpinang segera miliki pengatur lalulintas cerdas di dua lokasi ini. Begini keistimewaannya!

Tanjungpinang Segera Miliki Pengatur Lalulintas Cerdas, Ini Lokasinya Pemasangannya!
Tribun Batam/ M Ikhwan
Ilustrasi. Persimpangan Jalan di Batu 6 Tanjungpinang 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Dua persimpangan di Kota Tanjungpinang segera dipasangi Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). Dua persimpangan tersebut yakni simpang lampu merah Kota Piring dan Batu 6.

Proyek pembangunan ATCS tersebut merupakan proyek Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau Kepri.

Baca: Heboh Mayat di Galang Batang! Hendak Pulang ke Rumah, Suhedy Kaget Lihat Orang Telungkup di Jalan!

Baca: BREAKINGNEWS: Tertangkap Narkoba, Sekdaprov: Kabid di Distamben Kepri Ini Terancam Dipecat!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Bagian Tubuh Ayam Paling Berisiko! Jangan Dimakan Terlalu Sering!

Baca: Terungkap! Golongan Darah Mencerminkan Kepribadian Anda! Golongan Darah Ini Paling Mengejutkan!

Lelang proyek senilai Rp 3,4 miliar sudah selesai dilaksanakan dan dimenangkan oleh PY Gama Teknika yang beralamat di Yogyakarta. Pengerjaan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang Bambang Hartanto mengatakan pemasangan ATCS tersebut akan dilaksanakan selama lima bulan. Dia berharap tidak ada kendala.

"ATCS yang akan dipasang didua titik persimpangan ini nantinya akan menjadi pilot projec. Sehingga kedepannya kita harapkan semua persimpangan di Tanjungpinang sudah menggunakan ATCS," katanya, Kamis (12/4/2018).

Menurutnya untuk tahun 2019 pihaknya juga sudah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk 7 titik persimpangan. Dia optimis, usulan tersebut akan direspon baik oleh pusat.

"Pemasangan nanti kita upayakan tidak akan mengganggu lalu lintas. Lampu traffic light yang ada saat ini nanti akan kita pindahkan ke simpang-simpang yang rawan," katanya.

Dengan penggunaan sistem tersebut diharapkan pengendara akan lebih tertib lalu lintas di persimpangan lampu merah. Sehingga akan kecelakaan juga bisa dihindari. Selain itu kemacatan di persimpangan juga bisa diatur sedemikian rupa.

"Untuk ruang kontrol kita siapkan di Kantor Dinas Perhubungan di Terminal Sei Carang. Jadi insyaakah tidak ada masalah," katanya.

Menurutnya, pengaturan lampu merah dengan ATCS, nantinya bisa dilakukan melalui ruang kontrol. Sehingga bisa lebih efektif. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help