Bank Indonesia Keliling Anambas Pakai Kapal Perang! Warga Sambut Antusias Layanan Perbankan Ini

Bank Indonesia membuka layanan ini keliling pulau di Anambas. Mengejutkan, petugas Bank Indonesia naik kapal perang!

Bank Indonesia Keliling Anambas Pakai Kapal Perang! Warga Sambut Antusias Layanan Perbankan Ini
Tribun/Septyan Mulia Rohman
Warga yang mengantre untuk menukarkan uang lusuh dengan uang baru di samping Pasar Ikan Tarempa, Minggu (15/4/2018) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Bank Indonesia (BI) kembali datang ke pulau. Rombongan yang datang menggunakan kapal perang TNI AL melakukan layanan kas keliling, edukasi di sejumlah pulau di Kepri yang masuk daerah terpencil, terdepan dan terluar.

Ahmad Yani, Asisten manager divisi pengolahan uang keluar Bank Indonesia mengatakan, kegiatan yang rutin dilakukan di Anambas ini ertujuan untuk menarik uang-uang lusuh yang akan ditukarkan dengan uang baru layak edar.

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Bagian Tubuh Ayam Paling Berisiko! Jangan Dimakan Terlalu Sering!

Baca: Terungkap! Golongan Darah Mencerminkan Kepribadian Anda! Golongan Darah Ini Paling Mengejutkan!

Baca: Mengejutkan! Negerinya Dirudal Amerika Serikat Cs, Presiden Suriah Nyantai Pergi ke Kantor!

Proses penukaran uang pun, diakuinya juga bekerjasama dengan perbankan yang ada di Tarempa. "Kami bekerjasama dengan BI Kepri di Batam dan TNI AL.

Selain itu ada beberapa bank yang kami jalin kerjasama, dan mengajukan modal lebih kurang Rp 2 miliar. Jadi, selain di sini, di bank yang ada di Tarempa juga bisa dilakukan. Selama ketersediaan uang di bank masih ada," ujarnya Minggu (15/4/2018).

Ditemui di Pasar Ikan Tarempa, pihaknya menegaskan kalau proses penukaran uang tersebut tidak dipungut biaya. Selain melakukan penukaran uang Rupiah,

pihaknya juga mengadakan sosialisasi mengenai ciri-ciri keaslian uang Rupiah, termasuk kiat untuk merawat agar uang tidak cepat rusak. "Sehingga, masyarakat tahu agar uang di NKRI ini bisa dijangkau dengan menggunakan uang baru dari Bank Indonesia," ungkapnya.

Layanan penukaran uang yang dimulai sekitar pukul delapan pagi ini pun, sudah ditunggu oleh masyarakat. Masyarakat yang sempat penasaran dengan anggota TNI dan Polri yang menjaga proses kegiatan tersebut,

tampak mengantre untuk bisa menukarkan uang. Bambang salahsatunya. Ia mengaku sudah tiga kali melakukan proses penukaran uang ini.

"Dengan ini sudah tiga kali berarti. Saya kumpulkan uang pecahan kecil. Untuk bisa ditukar dengan uang baru. Kalau tukar ke BI nya langsung, sudah habis ongkos berapa kan," ungkapnya seraya menunjukkan uang pecahan kecil

yang telah ia kumpulkan dan tersimpan ‎dalam plastik warna hitam. Selain memberikan layanan penukaran uang dan sosialisasi, Bank Indonesia direncanakan akan menyerahkan satu unit genset yang rencananya akan diterima secara simbolis oleh Pemerintah Daerah. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved