Desa Air Glubi Jadi Percontohan Pogram Gratis Sertifikasi Tanah di Bintan! Begini Keuntunganya!

Desa Air Glubi jadi percontohan program gratis sertifikasi tanah di Bintan. Lahan hutan lindung yang dihuni warga diputihkan. Ini detailnya!

Desa Air Glubi Jadi Percontohan Pogram Gratis Sertifikasi Tanah di Bintan! Begini Keuntunganya!
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Badan Pertanahan Nasional (BPN) memilih Desa Air Glubi di Kecamatan Bintan Pesisisr sebagai desa percontohan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini berupa pensertifikatan tanah gratis yang sebelumnya akrab disebut Prona.

Dalam rangka menjadikannya sebagai program percontohan, Camat Bintan Pesisir diminta segera melakukan penyiapan dokumen warga serta lahan untuk diverivikasi dan diinventarisir. Terutama lahan warga yang berdiri diatas kawasan hutan dalam peta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanana (LHK) Kepulauan Riau.

Baca: Heboh Tarian Erotis di Pesta Rakyat 3S di Engku Putri, Begini Reaksi LAM Batam!

Baca: Mengejutkan! Tolak Hubungan Ibunya dengan Irfan, Putri Ely Sugigi Berjanji Tak Akan Menikah!

"Jumlah warga yang rumahnya berdiri di atas lahan berstatus hutan ada 200an,"kata Zulkhairi, Camat Bintan Pesisir, Minggu (15/4/2018).

Tanah tersebut akan diputihkan dan siap diberikan sertifikatnya secara gratis kepada warga. Sejak awal April disosialisasikan, program PTSL oleh BPN ini sangat dinantikan warga. Bahkan jauh jauh sebelum program ini duluncurkan pemerintah pusat, pihak kecamatan sudah lebih dulu menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Namun demi mempermantap data terbaru, Camat Zulkhairi menyatakan, sejak pekan lalu sudah menugaskan para kepala desa untuk segera melakukan pendataan warga.

"Itu jauh jauh hari sebenarnya sudah kita lakukan. Dan kami senang, Desa Air Glubi dan Mapur, terutama Desa Air Glubi ditetapjan BPN sebagai desa percontohan untuk penetapan sertifikat gratis program PTSL,"katanya.

Dalam program PTSL, SK Gubernur No 88 Tahun 2017 camat dan perangkatnya masuk dalam kepanitiaan. Sebagai panitia, camat menyatakan siap bekerja ekstra demi menyukseskan program yang sudah lama dinantikan tersebut. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help