Mellennial

Body Combat, Bela Diri Energik Berpadu Musik. Berani Coba?

Body combat adalah olahraga yang mengabungkan berbagai macam gerakan bela diri yang dipadukan dengan iringan musik.

Body Combat, Bela Diri Energik Berpadu Musik. Berani Coba?
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

DEMI mendapatkan tubuh yang ideal, banyak yang rela melakukan usaha untuk mewujudkan impiannya. Satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui body combat.

Seperti yang dilakukan oleh Wawa, seorang karyawati swasta di salah satu perusahaan di Batam ini memilih body combat sebagai olahraga untuk kesehatan tubuhnya. Sudah tiga tahun ia menekuni olahraga ini dan hasilnya, wanita ini puas dengan tubuhnya yang ideal, segar dan bercahaya.

"Sudah tiga tahun ikut body combat, saat bergerak banyak keringat yang keluar. Pembentukan body juga cepat dan dapat melatih stamina juga," ujar wanita usia 28 tahun ini.

Tidak hanya Wawa, hal sama juga dilakukan oleh Reni, model freelance ini mengaku baru-baru ikut body combat karena ingin merasakan badan yang lebih ringan dan cepat.

Selain itu, gerakan dari body combat yang membuatnya lebih bersemangat dan berstamina.

Body combat adalah olahraga yang mengabungkan berbagai macam gerakan bela diri yang dipadukan dengan iringan musik. Body combat berasal dari perusahaan Lesmills, New Zealand. Di mana setiap tiga bulan sekali selalu mengeluarkan gerakan baru dan musik baru.

"Body combat termasuk kelas kardio yang dapat melatih stamina, membakar lemak lebih cepat, serta pembentukan badan. Body combat ini lebih capek, tapi tergantung dari orangnya," kata instruktur body combat di selebrity Fitness, Kepri Mall beberapa hari yang lalu.

Ia mengatakan ada banyak gerakan bela diri. Di antaranya gerakan tinju, karate, taekwondo, muaythai, boxing, kung fu, capoeira, dan masih banyak lagi. Digerakan akan ada teriakan untuk menambah semangat ditambah dengan alunan musik yang semakin menambah semangat.

Gerakan pada body combat misalnya pada tinju yakni memukul hidung lawan yakni tangan lebih lurus dan tinggi. Kemudian gerakan memukul dagu lawan, artinya ayunan tangan dari bawah ke atas. Sedangkan menendang merupakan gerakan muaythai yakni arah kaki lurus ke depan, samping, ke belakang, dengan gerakan yang diulang.

Body combat tidak hanya baik untuk kamu yang ingin cepat menurunkan berat badan. Tetapi gerakan yang cepat juga baik untuk intensitas kerja jantung. Tetapi hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan diri, sampai batas mana lelahnya.

Dalam satu waktu melakukan body combat sekitar 50 menit. Body combat tidak memerlukan peralatan, semua gerakan berasal dari tubuh. Menurutnya, segala usia bisa mengikuti olahraga ini.

"Yang terpenting bisa berdiri untuk mengikuti gerakan. Bagi wanita hamil juga bisa mengikuti olahraga ini, namun ada pilihan gerakan yang diikuti dan tak boleh diikuti," ujarnya.

Instruktur body combat menganjurkan bagi yang berolahraga ini mempunyai badan yang sehat. Body combat dapat membakar lemak yakni bisa 500 hingga 700 kalori yang terbakar.

"Rilis terakhir rilis volume 75 dari perusahaan diseluruh dunia. Dan gerakan ini tidak boleh dikombinasi lagunya, dan harus instrukturnya tak boleh sembarang orang dan tempat. Kecuali bayar kepada perusahaan," ujarnya.
Tertarik untuk mengikuti body combat? Maka dengan rutin berlatih, maka tidak hanya mendapatkan bentuk tubuh ideal tetapi juga kesehatan pada jantung Anda. (*)

Tips
Wujudkan Tubuh Ideal dengan Body Combat
1. Rutin melakukan body combat sesuai kebutuhan
2. Tidak memaksakan diri untuk terus mengikuti setiap gerakannya
3. Usahakan setiap gerakan mempunyai power
4. Seimbangkan dengan makanan yang sehat dan bergizi. (ani)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved