PTUN Tolak Gugatan PKB, Fauzi Bahar dan Gubernur Lira Terkait Pemilihan Wagub Kepri

Menurut Nixon, hal yang membuat pihak pengadilan tidak menerima gugatan, salah satunya mengenai kegal standing pihak penggugat.

PTUN Tolak Gugatan PKB, Fauzi Bahar dan Gubernur Lira Terkait Pemilihan Wagub Kepri
tribunbatam/thom limahekin
Isdianto duduk sederet dengan Soerya Respationo dan Ansar Ahmad saat pemilihan wakil gubernur di DPRD Kepri, Kamis (7/12/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Batam Alfandi Simamora

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Pengadilan Negeri Tata Usaha (PTUN) Tanjungpinang menolak gugatan PKB, Fauzi Bahar serta Gubernur Lira terkait keabsahan paripurna DPRD Kepri atas Pemilihan Wakil Gubernur Kepri, beberapa waktu lalu.

Sidang PTUN digelar, Senin (16/4/2018), pukul 14.00 WIB siang di Kantor PTUN Tanjungpinang, Sekupang, Batam.

Penasehat Hukum dari DPRD Kepri dan Wagub Kepri Isdianto, Niko Nixon Situmorang menuturkan, dari sidang PTUN tersebut, majelis hakim menyatakan gugatan yang diajukan penggugat tidak dapat diterima. 

"Jadi perkara nomor 27 dan nomor 28 itu pengadilan telah menolak gugatan terhadap DPRD," katanya.

Menurut Nixon, hal yang membuat pihak pengadilan tidak menerima gugatan, salah satunya mengenai kegal standing pihak penggugat.

Legal standing ini artinya, kedudukan penggugat bukanlah sebagai orang yangg dirugikan secara langsung akibat pemilihan Wagub Kepri.

Dari berita TRIBUNBATAM.id sebelumnya, pada sidang pertama sengketa penetapan Wagub Kepri, penggugat sempat mendatangkan saksi ahli pakar hukum tata negara Margarito Kamis lalu.

Margarito menilai ada yang salah dengan prosedur yang dilakukan DPRD dalam penetapan Wagub tersebut.

Sebab, menurutnya, semua partai pengusung harus kompak mengajukan dua nama calon wakil gubernur sebelum diserahkan kepada DPRD Kepri.

"Gubernur itu tidak mempunyai hak mengusulkan calon. Semua harus diserahkan kepada partai pengusung. Maka dari itu kita harapkan mereka semua harus bersatu lagi dan mengusulkan calon wagub Kepri lagi," kata Margarito.

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help