Mustika Rasa

Bolu Tapai Ini Gurih Ditabur Keju dan Almond. Minat Resepnya?

Tapainya harus dalam keadaan lembut dan baru. Karena tapai kalau sudah lama akan terasa asam. Jadi mengganggu rasa dari bolu.

Bolu Tapai Ini Gurih Ditabur Keju dan Almond. Minat Resepnya?
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

JIKA biasanya tapai dinikmati dengan campuran es campur, ketan atau dimakan langsung, ternyata tapai bisa dibuat menjadi bolu yang menggugah selera.

Sebagaimana namanya bolu tapai tentu bahan dasarnya adalah tapai. Dan agar hasilnya maksimal, tapai yang digunakan juga harus memenuhi kriteria.

Tapai yang dipilih adalah tapai ubi. Anda bisa menjatuhkan pilihan tapai ke tapai mentega atau tapai yang biasanya dibungkus dengan daun pisang.

"Tapainya harus dalam keadaan lembut dan baru. Karena tapai kalau sudah lama akan terasa asam. Jadi mengganggu rasa dari bolu itu sendiri. Bolu akan terasa asam dan tidak manis," kata Vitria Laili Rahmawati, pemilik Cake Tape Nona di Batu Aji.

Vitria juga mengatakan bahwa bolu tapai akan terasa lebih gurih jika ditambahkan dengan keju dan kacang almond. Bagi penyuka keju, bisa mencampurkan keju ke dalam adonan bolunya. Bolu tapai dibuat dengan cara dipanggang. Karena hal ini akan membuat bolu menjadi kering dan gurih juga.

Pemilik akun facebook Vitria Laili Rahmawati ini juga mengatakan bahwa topping dari bolu tapai bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Tapi umumnya adalah taburan parutan keju, kismis dan kacang almond. Selain akan mempengaruhi rasa, topping juga membuat bolu tapai lebih wangi.

"Agar masak dengan sempurna, api saat dipanggang harus kecil. Waktunya sekitar 45 hingga 60 menit dengan suhu 160 hingga 170 derajat celcius," ungkapnya. (*)

Resep Bolu Tapai
Bahan:
300 gram tapai ubi
70 ml santan atau susu kental manis
180 gram tepung terigu
1 sdt baking powder
5 butir telur
1 sdt cake emulsifier
180 gram gula pasir
150 gram margarin leleh
50 gram keju parut
20 gram susu kental

Taburan:
Keju parut
Kismis
Kacang almond

Cara Pembuatan:
1. Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier sampai putih mengembang
2. Masukan tapai dan susu kental sambil dikocok perlahan dengan mixer
3. Masukan margarin cair. Aduk perlahan
4. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
5. Tuang ke dalam loyang. Panggang di oven selama 45-60 menit dengan suhu 160-180 derajat celcius. (ani)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help