VIDEO. Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan 49 TKI dari Batam ke Malaysia. Ada WNA Juga

Penangkapan berawal dari informasi intelijen bahwa akan adanya aktifitas pengiriman TKI Ilegal dari Batam dengan tujuan Malaysia.

TRIBUNBATAM.id. BATAM - Tim gabungan WFQR Lantamal IV dan Lanal Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan TKI Ilegal yang hendak ke Malaysia di Perairan Teluk Mata Ikan, Nongsa, Batam pada Senin (16/4/18) malam.

Danlanal Batam Kolonel Laut Iwan Setiawan mengatakan penangkapan berawal dari informasi intelijen bahwa akan adanya aktifitas pengiriman TKI Ilegal dari Batam dengan tujuan Malaysia.

Kemudian, tim gabungan dari Lantamal IV dan Lanal Batam menggelar operasi dan berhasil menangkap sebuah speedboat yang mencurigakan.

Speed boat itu berpenumpang 49 orang, bergerak  dari arah Teluk Mata Ikan menuju perairan Malaysia.

"Saat dapat informasi kami melakukan patroli dengan Lantamal IV di perariran Teluk Mata Ikan, dan kami berhasil menangkap satu buah speedboat dengan mesin Yamaha 3x 250 PK," ungkap Iwan.

Selanjutnya, speedboat tanpa nama beserta muatannya dibawa ke Lanal Batam.

Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui dari 49 orang TKI terdiri dari WNI 40 orang dan WNA 9 orang berwarganegaraan Bangladesh.

Sedangkan ABK kapal terdiri empat orang yang merupakan warga Tanjungpinang.

Selanjutnya speedboat dan ABK akan dikenakan undang -undang pelayaran sedangkan para TKI Ilegal akan diserahkan ke BP3TKI.

"Kendala kita, mereka ini menggunakan jaringan terputus. Misalnya, TKI dari WNA Bangladesh ini berangkat dari Bali ke Batam. Setelah sampai di Batam mereka dijemput dan dibawa orang yang sudah menunggu di Bandara dan itu no name no phone," jelas Iwan.(dns)

Penulis: Danang Setiawan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help