Perang Suriah

Dibawah Perjanjian Beirut-Damaskus, Ratusan Pengungsi Suriah Mulai Kembali ke Tanah Air Mereka

Sekitar 500 pengungsi Suriah yang menyelamatkan diri dari konflik ke Lebanon selatan dilaporkan mulai kembali ke tanah kelahiran mereka.

Dibawah Perjanjian Beirut-Damaskus, Ratusan Pengungsi Suriah Mulai Kembali ke Tanah Air Mereka
AFP/ALI DIA
Para pengungsi Suriah di Lebanon selatan bersiap untuk menaiki bus yang akan membawa mereka kembali ke kampung halaman mereka. 

TRIBUNBATAM.id, BEIRUT - Sekitar 500 pengungsi Suriah yang menyelamatkan diri dari konflik ke Lebanon selatan dilaporkan mulai kembali ke tanah kelahiran mereka.

Kepulangan para pengungsi itu di bawah perjanjian antara Beirut dengan Damaskus.

Dilaporkan AFP, pada Rabu (18/4/2018), sebanyak 15 bus yang disediakan pemerintah Suriah telah mencapai kota Shebaa di Lebanon selatan dan siap mengangkut para pengungsi.

Badan Pengungsi PBB mengatakan, pihaknya mengetahui rencana pemulangan para pengungsi Suriah tersebut namun mengaku tidak terlibat dalam perjanjian kedua pemerintahan dengan mempertimbangkan situasi kemanusiaan dan keamanan di negara yang dilanda konflik itu.

Bus-bus yang disiapkan dikawal pasukan Keamanan Umum Lebanon yang telah bersiap di sepanjang perbatasan.

Baca: Suriah Tembak Jatuh Rudal yang Diarahkan ke Pangkalan Militer Mereka

Baca: MALU! Suriah Mengklaim Tembak Jatuh 9 Rudal, Ternyata Hanya Alarm Palsu. Benarkah Di-hack?

Diperkirakan mencapai 500 pengungsi Suriah yang telah tinggal bertahun-tahun di kota Shebaa setelah melarikan diri dari perang, mulai menaiki bus.

Kantor berita Lebanon mengatakan, operasi pemulangan pengungsi dilakukan berkoordinasi dengan pasukan keamanan dan hanya mengankut penungsi berdasarkan daftar nama yang telah diberikan.

Sementara dilaporkan kantor berita Suriah, SANA, para pengungsi tersebut akan diantar kembali ke desa Beit Jin, di barat daya Damaskus.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved