Rolls-Royce, Mobil Mewah Koleksi Miliarder. Ini Sejarah Mobil Asal Inggris

Rolls-Royce adalah produsen mobil terkenal asal Inggris, yang juga memproduksi mesin pesawat

Rolls-Royce, Mobil Mewah Koleksi Miliarder. Ini Sejarah Mobil Asal Inggris
upcars.it
Ornamen kap mesin Rolls-Royce, The Spirit of Ecstasy, seharga mobil murah 

TRIBUNBATAM.id - Polres Tanjungpinang mengamankan satu unit mobil antik bermerk Rolls Royce 700078 RR. Mobil ini diamankan saat hendak dibawa ke Batam, Kamis (20/4/2018). 

Seperti  apa keistimewaan mobil buatan asal Inggris tersebut ? Berdasarkan data dari  Wikipedia, Ini sejarah Rolls-Royce. 

Rolls-Royce Limited adalah produsen mobil terkenal asal Inggris, yang juga memproduksi mesin pesawat.

Rolls-Royce didirikan oleh Charles Stewart Rolls dan Sir Frederick Henry Royce pada tanggal 15 Maret 1906 sebagai lanjutan dari kemitraan yang telah terjalin sejak tahun 1904. 

Sejarah panjang mobil mewah ini dimulai pada tahun 1884. Dimana Henry Royce memulai bisnis mesin dan kelistrikan dengan nama Royce Ltd.. Pada tahun 1904, Royce merakit mesin pertamanya, Royce 10, di pabrik Manchester miliknya.

Pada tanggal 4 Mei 1904, mesin ini pun diperkenalkan oleh Royce ke Charles Rolls di Midland Hotel, Manchester. Rolls adalah seorang pemilik toko mobil di Fulham bernama C.S.Rolls & Co.

Rolls pun sangat kagum dengan Royce 10 ini, sehingga sesuai perjanjian yang mereka buat pada tanggal 23 Desember 1904, Rolls menyatakan bersedia menjual semua mesin yang diproduksi oleh Royce.

Mesin-mesin ini pun dijual dengan merek Rolls-Royce, dan hanya dijual di toko milik Rolls. Mesin pertama Rolls-Royce, Rolls-Royce 10 hp diperkenalkan di ajang Paris Salon, pada bulan Desember 1904.

Rolls-Royce Limited pun dibentuk pada tanggal 15 Maret 1906, untuk menunjang aktivitas produksi mesin. Setelah mempertimbangkan beberapa tempat untuk pendirian pabrik baru, seperti di Manchester, Coventry, Bradford dan Leicester, akhirnya dipilihlah Derby sebagai tempat pabrik baru Rolls-Royce, karena pemerintah Derby mampu menyediakan listrik dengan harga yang sangat murah.

Pabrik baru ini didesain oleh Royce, dan proses produksi mesin pun dapat dimulai pada awal tahun 1908, dengan peresmiannya baru dilakukan pada tanggal 9 Juli 1908 oleh Sir John Montagu.

Halaman
123
Tags
pesawat
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help