Mellennial

Pengen Masuk Panggung Politik? Baca Dulu 5 Tips Penting Ini

Saat ingin berpolitik, seseorang tentu harus mempunyai niat dan tekun dalam menjalaninya.

Pengen Masuk Panggung Politik? Baca Dulu 5 Tips Penting Ini
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

SELAMAT hari Kartini untuk seluruh wanita di Indonesia. Hari Kartini selalu identik dengan istilah emansipasi kalangan wanita dalam berbagai hal. Dan yang lagi hangat-hangatnya sekarang adalah kiprah wanita Indonesia di panggung politik.

Yup, menjelang tahun politik, memang nggak bisa dipungkiri ya guys kalau banyak wanita yang ingin ikut aktif dalam lembaga legislatif dengan maju sebagai calon legislatif (caleg).

Yusprima (Mima Prima), pengusaha Ratu Travelling misalnya, dia mengaku mulai berani mencalonkan diri sebagai caleg di partai tertentu. Niatnya terjun ke dunia politik tersebut karena dilandasi motivasi sendiri.

"Saya dapat dorongan dari orangtua terutama ayah untuk ikut berpolitik. Niatnya karena saya putri Batam, jadi saya ingin mengembangkan Batam menjadi lebih baik," katanya.

Dan hal yang menjadi dasar untuk berpolitik tentu adalah niat terlebih dahulu, dan hal itulah yang dibenarkan oleh dr Idawati Nursanti MM yang saat ini telah duduk di lembaga legislatif sebagai anggota DPRD kota Batam Komisi II.

Saat ingin berpolitik, seseorang tentu harus mempunyai niat dan tekun dalam menjalaninya. Selain itu, perlu adanya improvisasi dalam kegiatan yang dilakukan.

Wanita yang suka dengan kegiatan sosial ini mengaku tak menyia-nyiakan saat ada kesempatan untuk maju sebagai caleg. Apalagi duduk sebagai anggota dewan sangat sesuai dengan karakternya yang suka bertemu orang banyak dan suka bersosialisasi sejak masa sekolah.

Sementara itu, menurut Mima, saat ini saatnya wanita berkiprah dalam lembaga legislatif. Sebab, seorang wanita tidak hanya mengandalkan perasaan tetapi pikirannya juga idealis.

"Wanita tentu akan lebih mengerti dengan sesama wanita. Hal yang dimiliki wanita dan tidak dimiliki oleh pria adalah wanita melakukan pendekatan secara emosional, lebih setia, dan lebih sensitif. Sehingga lebih peka terhadap kejadian yang ada di depannya," katanya.

Sehingga, saat sudah duduk di kursi dewan sebagai seorang anggota legislatif, seorang wanita harus mempunyai keberanian dalam mengemukakan pendapat. Terutama dalam melaksanakan tiga fungsi utama dewan. Yaitu mengawasi, membuat Perda atau UU, dan menganggarkan.

Dan saat ini, sudah saatnya yang muda berkarya, generasi Mellennial yang identik dengan kreatifitas dan inovasi tentu akan banyak berperan dalam lembaga legislatif. Apalagi, sebagai seorang wanita, kedekatan emosional bisa digunakan untuk lebih dekat dengan rakyat. Tertarik untuk berkecimpung di dunia politik? (*)

TIPS
Sukses Berkiprah di Lembaga Legislatif
1. Niat dan tekun dalam menjalaninya
2. Ikhlas dalam bekerja
3. Berani dalam mengemukakan pendapat
4. Profesional
5. Tetap sesuai kodrat wanita yang setia, dan mempunyai hati nurani. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved