Berbagi Informasi Kanker Bersama Gleneagles Medini Hospital Johor Bahru

Dr Sandip Kumar, seorang spesialis ahli bedah umum dan kolorektal dari Gleneagles Medini Johor Bahru Hospital

Berbagi Informasi Kanker Bersama Gleneagles Medini Hospital Johor Bahru
Dr. Sandip Kumar, seorang spesialis ahli bedah umum dan kolorektal dari Gleneagles Medini Johor Bahru Hospital hadir di acara client gathering dan bincang sehat di Harmoni One, Batam 

TRIBUNBATAM.id, JOHOR - Penyakit kanker selalunya adalah penyakit yang menakutkan bagi semua orang.

Salah satu dari penyakit kanker yang menduduki peringkat atas terbanyak adalah kanker kolorektal atau yang biasanya dikenal dengan kanker usus besar.

Demi meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan terutama kanker kolorektal, Sunlife Financial Syariah kota Batam menggelar acara client gathering dan bincang sehat dengan menghadirkan Dr. Sandip Kumar, seorang spesialis ahli bedah umum dan kolorektal dari Gleneagles Medini Johor Bahru Hospital di Hotel Harmoni One kota Batam pada hari Sabtu, 21 April 2018 kemarin.

Gleneagles Medini Hospital Johor Bahru
Client Gathering dan Bincang Sehat Kanker Kolorektal

Acara yang dibuka dengan kata sambutan dari Dr. Ani Dewiana dari RS Embung Fatimah Batam disambut meriah oleh ratusan peserta yang hadir.

“Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum. Kebanyakan kanker ini bermula dari polip yang tumbuh di sepanjang dinding usus besar serta rektum,” kata Dr Sandip memulai penjelasannya.

“Seiring berkembangnya jaman, jumlah penderita kanker kolorektal semakin meningkat setiap tahunnya terutama di negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia dan Malaysia. Saat ini dapat dikatakan kanker kolorektal berada di urutan kedua sebagai penyebab kematian tertinggi setelah kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang mengkonsumsi serat dan jarang berolahraga,” kata Dr. Sandip.

Dokter yang berparas rupawan dan murah senyum ini mengatakan bahwa pemilihan makanan merupakan salah satu faktor pendukung yang harus dijaga.

Seringnya mengkonsumsi jenis makanan yang tinggi lemak seperti misalnya sering mengkonsumsi daging merah atau daging olahan dan kemudian rendahnya asupan serat atau kurangnya sayur dan buah juga merupakan hal yang memicu terjadinya kanker ini.

Gleneagles Medini Hospital Johor Bahru
Client Gathering dan Bincang Sehat Kanker Kolorektal

Apalagi bila ditambah dengan merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Resiko terkena kanker kolorektal juga dapat meningkat pada individu yang memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena polip dan radang usus serta kanker kolorektal.

Halaman
12
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help