Mellennial

Pernah Coba Komentar Pakai Secreto? Perhatikan Dulu Aturan Mainnya!

Secreto merupakan fitur yang bisa membuat orang mengomentari aktivitas medsos orang lain tanpa memperlihatkan identitas aslinya.

Pernah Coba Komentar Pakai Secreto? Perhatikan Dulu Aturan Mainnya!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BELAKANGAN ini, Mellennial sedang asyik dengan form online yang bernama Secreto. Sesuai namanya, secreto ini bersifat secret alias rahasia.

Secreto sendiri merupakan sebuah laman web yang bisa membuat orang mengomentari aktivitas medsos orang lain tanpa memperlihatkan identitas aslinya. Artinya, komentar itu akan muncul tanpa tahu siapa penulisnya.

Yurri, seorang agency model R'Luxs mengakui jika dirinya menggunakan secreto. Alasannya selain karena penasaran pengen mencoba aplikasi yang sedang kekinian tersebut, dia juga ingin tahu unek-unek orang tentang dirinya.

Hal sama juga dikatakan Rezky Amelia. Cewek yang baru saja menyelesaikan belajarnya di SMAN 4 Batam ini merasa fun dengan adanya Secreto. Jadi dia bisa bertanya pada orang tanpa perlu membuka identitas diri.

Secreto yang lagi happening juga membuat Siti Miller, siswi SMA 8 Batam untuk ikut mencobanya. Setelah mencoba dia mengungkapkan jika Secreto mirip dengan ask.fm, bedanya kalau pakai ask.fm kita tahu siapa yang komentar.

"Kalau orang tidak kuat di-bully, bisa bunuh diri. Karena ada korban kemarin. Secreto ini mungkin lebih bahaya lagi, apalagi kita tidak tahu siapa yang bertanya atau komentar tentang kita," katanya.

Hal ini dibenarkan oleh Ammar Satria, Ba.CM, M.Sc selaku sekretaris Dewan PIK Kota Batam kepada Tribun Batam.

Ask.fm dan Secreto.site menjadi sosial comment form tetapi bedanya ask.fm perlu di-downloand sedangkan Secreto, kita tinggal buka link nya saja.

"Secreto menjadi wadah untuk menyalurkan hal pribadi atau mengungkapkan hal pribadi dari followers-nya," ujarnya.

Ammar mengatakan, secreto bisa diintegrasikan melalui beberapa aplikasi seperti instagram, facebook, whatsapp, pinterest, twitter, google+, hingga email. Dan cara mendaftarnya juga terbilang mudah. Kamu hanya cukup mencantumkan email, nama lengkap, dan bahasa yang ingin digunakan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan sebuah link yang bisa kamu bagikan ke beberapa akun medsos yang kamu miliki.

Secreto.site yang terbilang baru ini, maka tidak ada filter terhadap komentar - komentara yang mengandung sara, negatif, atau hal-hal yang dapat membuat seseorang menjadi tersinggung. Jadi kontrol terhadap ucapan datang diri sendiri saja.

"Secreto di-screen lalu dibagikan ke insta story tidak masalah. Selagi itu positif, dan tujuannya bisa jadi untuk branding diri atau pencitraan. Yang salah itu kalau secreto langsung share ke insta story tanpa konfirmasi," katanya.

Penasaran mau mencoba secreto.site? Gampang banget kok, tinggal buka linknya lalu mendaftar. Dan selamat bersenang-senang dengan secreto ya Mellennials. (*)

Tips
Santun Gunakan Secreto
1. Usahakan komentar tidak menyakiti orang lain
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Usahakan tidak mengumbar data pribadi ke orang lain. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved