Berita Bintan

Gandeng Satpol, Panwaslu Bintan Mulai Galak! Tertibkan Peraga Kampanye Calon Konstestan!

Panwaslu Bintan mulai menertibkan baliho kampanye yang mendahului jadwal kampanye. Turun ke sejumlah lokasi gandeng Satpol PP. Ini hasilnya!

Gandeng Satpol, Panwaslu Bintan Mulai Galak!  Tertibkan Peraga Kampanye Calon Konstestan!
tribunbatam/aminnudin
Ketua Panwaslu Bintan Dumoranto Situmorang 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Bintan menertibkan alat peraga kampanye (APK) partai politik, Kamis (26/4/2018). Panwaslu menggandeng Panwas Kecamatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Bintan.

Dumoranto Situmorang, Ketua Panwaslu Bintan mengatakan, penertiban sudah sesuai operasional prosedur (SOP). Alat peraga kampanye atau APK saat ini belum boleh berdiri di ruang publik.

Baca: Heboh! Lebih Enak Bersaing dengan Prabowo atau Capres Lain? Mengejutkan Jawaban Jokowi!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Alasan Amerika Diyakini Tak Berani Serang Indonesia! Nomor 2 Tak Terbantah!

Baca: Merinding! Inilah Kisah Kapal Hantu SS Baychimo! Mengarungi Lautan Tanpa Awak Kapal Selama 38 Tahun!

Baca: Masih Ingat Bule Inggris Menikahi Pria Padang? Begini Kehidupannya Sekarang! Nomor 4 Mengejutkan!

Jadwal kampanye seperti diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan

jadwal penyelenggaraan pemilu 2019 dilaksanakan mulai dari 23 September 2019 dan berakhir pada 13 April 2019. Artinya, keberadaan APK di ruang umum melanggar ketentuan PKPU

Dumoranto menegaskan, parpol peserta pemilu 2019 masih dilarang berkampanye di luar jadwal. Maka itu, APK yang ada perlu ditertibkan.

Amatan Tribun, sejumlah APK sejak pukul 10.00 WIB sudah menghilang. Wajah-wajah yang digadang gadang bakal berlaga di pemilu 2019 sudah tidak lagi muncul di baliho di pinggir jalan.

Operasi penertiban APK berlangsung damai dan lancar tanpa kendala. Panwaslu memilih langkah persuasif dalam operasi penertiban. Parpol bahkan berinisiatif menertibkan sendiri APK mereka.

"Secara keseluruhan Bintan berjalan penertiban dilakukan secara persuasif ya. Parpolnya yg menurunkan secara sukarela,"kata Dumoranto.

Data dihimpun di lapangan, operasi penertiban APK berlangsung di sejumlah titik di Bintan. Di antaranya di Teluk Bintan, Simpang Pulai Ladi Jalan Lintas Barat.

Kemudian, di depan kantor DPC salah satu partai. Petugas Panwascam Toapaya dibantu Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Bintan menurunkan satu bendera parpol.

Panwaslu berharap, langkah penertiban bisa memberikan pemahaman kepada parpol agar patuh pada aturan pemilu. Semua telah terjadwal, dan alangkah lebih bijak parpol mengikuti jadwal yang sudah ada. Dengan demikian, penyelenggaran pemilu di Bintan berlangsung aman, lancar, terkendali dan sesuai asas berlaku.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved