Berita Tanjungpinang

Tanjungpinang Dapat Penghargaan 10 Kota Imunisasi Terbaik di Indonesia

Kota Tanjungpinang termasuk dalam 10 kota yang sukses dalam menjalankan program imunisasi selama 2015-2017 di seluruh Indonesia.

Tanjungpinang Dapat Penghargaan 10 Kota Imunisasi Terbaik di Indonesia
Tribunbatam.id
Seorang petugas Puskesmas memberikan imunisasi kepada murid kelas I SD di Tanjungpinang, Jumat (9/12/2017). Kota Tanjungpinang mendapat penghargaan 10 kota terbaik imunisasi. 

 Laporan Mhd Munirul Ikhwan

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Kota Tanjungpinang termasuk dalam 10 kota yang sukses dalam menjalankan program imunisasi selama 2015-2017 di seluruh Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pun memberikan penghargaan untuk Kota Tanjungpinang.

Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F Muluk, Minggu (29/4/2018) di Gedung Sohibul Barokah, Keduharjo, Pandegelang, Banten, bersamaan dengan acara Pekan Imunisasi Dunia.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan pejabat Walikota Tanjungpinang yang akan langsung menerima penghargaan tersebut.

Dia pun bersyukur atas capaian yang didapatkan. Hal tersebut tak terlepas dari usaha dan kerjasama semua pihak yang terlibat.

Mulai dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, klinik, rumah bersalin, dan kader Posyandu. Sehingga cakupan imunisasi di Kota Tanjungpinang tinggi dan merata di seluruh indonesia.

"Semua kelurahan di Kota Tanjungpinang berhasi mencapai universal coverage, yakni cakupan diatas 80 persen bahkan di atas 90 persen," katanya, Sabtu (28/4/2018).

Selain itu, upaya serveilans yakni perkembangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi berjalan secara baik, lengkap dan berkesinambungan.

Mulai dariyang berbasis fasilitas pelayanan kesehatan yaitu dokter praktik, klinik, puskesmas dan rumah sakit.

Begitu juga yang berbasis masyarakat yang dilaporkan langsung oleh masyarakat, kader, kelompok lainnya.

"Dalam lima tahun terakhir tidak ditemukan kasus-kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi secara signifikan. Kasus campak rendah, difteri tidak ditemukan kasus positif, polio bebas dan lainnya," katanya. 

Penulis: M Ikhwan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved