HARI BURUH 2018

Pemko Batam Sediakan Panggung untuk May Day. Buruh Tidak Mau Merapat, dan Pilih Tempat Lain

Ribuan buruh yang datang, tidak merapat ke depan panggung yang disediakan, melainkan memilih tempat sendiri di jalan Engku Putri

Pemko Batam Sediakan Panggung untuk May Day. Buruh Tidak Mau Merapat, dan Pilih Tempat Lain
TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
Aksi Buruh pada peringatan May Day di Batam Center, Batam, Kepri, Selasa (1/5/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemko Batam sudah menyiapkan tenda sebagai panggung acara May Day atau Hari Buruh di depan pintu masuk dataran Engku Putri, Selasa (1/5/2018).

Namun, ribuan buruh yang datang tidak merapat ke depan panggung yang disediakan, melainkan memilih tempat sendiri di jalan Engku Putri, Batam Centre.

"Kita jangan merapat ke panggung, panggung kita di sini (depan pintu gerbang kantor Pemko), sebab kita datang ke sini untuk menyampaikan aspirasi kita di acara perayaan hari May Day saat ini,"kata Panglima Serikat pekerja Garda Metal Batam, yang mewakili aliansi Serikat pekerja, Suprapto, Selasa (1/5/2018).

Baca: Hari Jumat Ini Buruh Akan Demo di Graha Kepri. Tuntut Kejelasan Soal Upah Minimum Sektoral

Baca: Ban Depan Bus Selip dan Menabrak Pohon di Kawal! Begini Kronologi Bus Turis Tiongkok Kecelakaan!

Dia mengatakan, di hadapan Pemerintah Kota Batam dan Kadisnaker kota Batam yang berada di panggung, khususnya di hadapan ribuan pekerja yang tiba di depan kantor Pemko Batam, saat ini buruh belum mendapatkan kesejahteraan.

Sebab di tengah perekonomian kota Batam yang lesu, harga kebutuhan sembako malah cenderung naik. Salah satunya beras yang sehari-hari dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, Upah Minimun Sektoral ( UMS) Kota Batam juga belum ditetapkan oleh Gubernur Provinsi Kepri di hari May Day.

Padahal tanggal 25 April 2018 yang lewat sejumlah aliansi dari Serikat pekerja sudah datang ke kantor pemeritah pusat atau gedung kantor gubernur Kepri yang ada di Dompak.

Saat itu, Gubernur memberikan janji akan menandatangani SK sebelum May Day.

"Mana janji Pemerintah pusat dan daerah, apakah hanya sekedar janji-janji saja. Dimana kebijakan Pemerintah daerah dan pusat,"kata Suprapto saat sebagai orator.

"Ayo kita bangkit dan satu komando untuk menuntut hak-hak kita di hari buruh nasional di may day saat ini,"katanya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved