Home »

Techno

» News

Terungkap! Inilah Alasan Sebenarnya CEO WhatsApp Mundur dari Facebook! Mengejutkan Ternyata!

Terungkap! Inilah alasan sebenarnya pendiri WhatsApp mengundurkan diri dari Facebook! Mengejutkan ternyata!

Terungkap! Inilah Alasan Sebenarnya CEO WhatsApp Mundur dari Facebook! Mengejutkan Ternyata!
tech2ipo.com
Pendiri dan CEO WhatsApp, Jan Koum 

TRIBUNBATAM.ID-CEO sekaligus pendiri WhatsApp, Jan Koum menyatakan mundur dari Facebook, raksasa jejaring sosial yang membeli WhatsApp pada tahun 2014 senilai 19 miliar dollar AS.

“Sudah hampir satu dekade sejak Brian (Acton) dan saya memulai WhatsApp. Ini adalah perjalanan luar biasa dengan orang-orang terbaik. Tapi sekarang saatnya bagi saya untuk move on,” tulis Koum dalam sebuah posting di akun Facebook miliknya.

Baca: Terungkap! Inilah 8 Trik Beli Tiket Pesawat Bocoran Orang Dalam! Nomor 2 Paling Mengejutkan!

Baca: Inilah Denjaka, Pasukan Khusus TNI AL Paling Misterius dan Bikin Keder Navy SEAL Amerika!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Alasan Amerika Diyakini Tak Berani Serang Indonesia! Nomor 2 Tak Terbantah!

Baca: Terungkap! Inilah 5 Cara Meredakan Sakit Gigi Berlubang! Nomor 3 Paling Mengejutkan!

Posting dari Koum tersebut segera mendapat tanggapan dari Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook selaku perusahaan induk WhatsApp.

Dalam pesan perpisahannya untuk Koum, Zuckerberg berjanji bakal menjaga prinsip privasi pengguna yang dilindungi oleh WhatsApp lewat enkripsi.

“Saya berterima kasih atas semua yang Anda lakukan untuk menghubungkan dunia dan semua yang Anda ajarkan kepada saya, termasuk soal enkripsi dan kemampuannya untuk mengalihkan kekuasaan dari sistem tersentralisasi kembali ke tangan rakyat,” tulis Zuckerberg.

Pendiri dan CEO WhatsApp, Jan Koum
Pendiri dan CEO WhatsApp, Jan Koum (tech2ipo.com)

Konflik privasi? Ironisnya, justru persoalan privasi itulah yang disinyalir menjadi penyebab hengkangnya Koum dari Facebook.

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Selasa (1/5/2018) menyebutkan bahwa Facebook berniat mengurangi enkripsi end-to-end WhatsApp supaya lebih memudahkan implementasi tool bisnis untuk WhatsApp Business.

Padahal, enkripsi ini berperan penting melindungi percakapan pengguna WhatsApp agar tidak bisa diintip oleh siapa pun, bahkan pihak Facebook dan WhastApp sendiri.

WhatsApp Business adalah salah satu upaya yang dilancarkan oleh WhatsApp untuk memperoleh pendapatan, lantaran perusahaan ini tak mau menayangkan iklan, dan telah berhenti menarik biaya langganan sejak beberapa tahun lalu.

Sebelumnya, Facebook juga membuat WhatsApp menyerahkan nomor-nomor telepon pengguna untuk keperluan targeting iklan.

Konflik soal privasi pengguna antara WhatsApp dan Facebook ini disinyalir menjadi alasan di balik hengkangnya Koum, menyusul rekannya sesama pendiri WhatsApp, Brian Acton, yang lebih dulu hengkang tahun lalu. (TheGuardian)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help