GEGER! Warna Taj Mahal yang Semula Kuning Kini Berubah Hijau Kecoklatan. Ternyata Ini yang Terjadi

Warna asli bangunan bersejarah itu "semula kekuningan, tetapi sekarang perlahan-lahan berubah menjadi kehijauan dan kecokelatan."

GEGER! Warna Taj Mahal yang Semula Kuning Kini Berubah Hijau Kecoklatan. Ternyata Ini yang Terjadi
DANIEL BEREHULAK/GETTY
Sejumlah wisatawan di depan bangunan Taj Mahal. 

TRIBUNBATAM.id- Mahkamah Agung India mengkritik pemerintah negara itu yang dianggap mengabaikan perawatan monumen terkenal, Taj Mahal.

Pasalnya, warna Taj Mahal berubah akibat polusi.

Warna asli bangunan bersejarah itu "semula kekuningan, tetapi sekarang perlahan-lahan berubah menjadi kehijauan dan kecokelatan," demikian pernyataan salah seorang hakim agung India, Selasa (1/5/2018).

Pernyataan itu dikeluarkan setelah Mahkamah Agung (MA) India memeriksa beberapa foto terbaru bangunan peninggalan abad ke-17 itu yang diajukan oleh para pegiat lingkungan.

Ini bukanlah pertama kali otoritas hukum tertinggi di India itu mengkritik pemerintah terhadap persoalan polusi yang merusak bangunan yang menjadi ikon India.

Foto: AFP

Para pegiat lingkungan mengatakan polusi asap dari kegiatan industri dan aktivitas pembangunan di sekitar bangunan itu mengakibatkan kerusakan bangunan.

"Pemerintah seperti tidak berdaya. Uang seharusnya tidak menjadi pertimbangan..." kata majelis hakim agung tersebut.

Pada Februari lalu, MA India juga memperingatkan pemerintah untuk melakukan "terobosan" untuk menyelamatkan monumen yang sudah dinobatkan Badan Pendidikan dan Pengetahuan PBB (UNESCO) sebagai situs Warisan Dunia.

Halaman
123
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help