Berita Anambas

Soal Ranperda Pengelolaan Sampah di Anambas, Anggota DPRD: Jangan Sampai Jadi Masalah!

Ranperda Pengelolaan Sampah di Anambas, Anggota DPRD memperingatkan soal ini!

Soal Ranperda Pengelolaan Sampah di Anambas, Anggota DPRD: Jangan Sampai Jadi Masalah!
tribunbatam/septyan mulia rohman
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) ‎komitmen untuk mempersiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) pada tiap-tiap kecamatan.

Dalam rapat paripurna dengan agenda tanggapan fraksi DPRD terhadap Ranperda tentang pengelolaan sampah, hal ini diakuinya penting agar sampah yang ada dapat terkumpul pada tempatnya.

"Harapan kami dengan adanya ‎Ranperda ini, pengolahan sampah akan semakin optimal termasuk di kecamatan," ujar Firman Edi anggota DPRD Anambas Rabu (2/5/2018).

Baca: Inilah Denjaka, Pasukan Khusus TNI AL Paling Misterius dan Bikin Keder Navy SEAL Amerika!

Baca: Mengejutkan! Inilah 6 Alasan Amerika Diyakini Tak Berani Serang Indonesia! Nomor 2 Tak Terbantah!

Baca: Terungkap! Inilah 8 Trik Beli Tiket Pesawat Bocoran Orang Dalam! Nomor 2 Paling Mengejutkan!

Ayub, perwakilan fraksi PPP Plus mengatakan, Ranperda pengelolaan sampah dinilai penting untuk mengatasi persoalan daerah. Sarana dan prasarana yang memadai, diakuinya penting untuk merealisasikan dalam mengelola sampah.

"Kami menilai penting Ranperda ini agar tidak menjadi persoalan daerah kedepannya. Kami juga mendorong pemerintah untuk merancang pembangunan untuk memberi ruang kemudahan dalam pengelolaan sampah," ungkapnya.

‎Senada dengan dua fraksi di DPRD, fraksi Amanat Karya Indonesia Raya menilai positif langkah Pemerintah yang seiring dengan DPRD terkait pengelolaan sampah di Anambas. Pihaknya berharap, agar dua instansi ini sama-sama dapat mengakomodir hal-hal yang dianggap perlu, khususnya bagi masyarakat di kecamatan.

"Ini merupakan langkah yang baik dalam mengelola sampah di Anambas kedepannya. Kami erharap, hal ini dapat diakomodir semua pihak," ujar Jasril Jamal ‎juru bicara fraksi.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra pun sepakat agar ‎pembahasan Ranperda dapat dilanjutkan pada tahapan selanjutnya. Mewakili Pemerintah Daerah pada rapat paripurna itu, pihaknya berharap agar Peraturan Daerah ini tidak hanya terfokus pada daerah yang berpenduduk padat saja, melainkan juga untuk tempat yang berpenduduk minim.

"Kami dari Pemerintah Daerah mengapresiasi langkah DPRD. Ini merupakan salahsatu wujud kepeduliaan dalam menjaga lingkungan," ungkapnya.

Pihaknya pun tidak mengelak, kalau persoalan sampah di Anambas ini bukan merupakan persoalan gampang. Jumlah penduduk yang perlahan namun pasti mengalami peningkatan, dengan ketersediaan tempat pembuangan sampah, menjadi sejumlah kendala yang harus dihadapi dalam mengatasi persoalan sampah ini.

"Hal ini perlu kepastian dan tanggungjawab semua pihak agar semuanya dapat berjalan dengan optimal," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help