Berita Batam

Jaga Perbatasan pakai Alat Seadanya, Koramil Belakangpadang Getol Komunikasi ke Otoritas Singapura

Meski dengan keterbatasan perlengkapan, TNI AD yang bertugas di Koramil Belakangpadang tetap mengemban tugas menjaga perbatasan.

Jaga Perbatasan pakai Alat Seadanya, Koramil Belakangpadang Getol Komunikasi ke Otoritas Singapura
tribun batam
Danramil Belakangpadang Kapten TNI Ricardo Sitinjak 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Meski dengan keterbatasan perlengkapan pendukung di lapangan, prajurit TNI AD yang bertugas di Koramil Belakangpadang tetap mengemban tugas menjaga perbatasan.

Dengarn berkoordinasi dengan instansi terkait, prajurit TNI AD ini terus menjaga perbatasan negara.

Bahkan untuk menncegah penyeludupan dan pencurian ikan, Koramil Belakangpadang selalu berkoordinasi dengan pihak otoritas Singapura.

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak keamanan Singapura. Jika ada informasi adanya kegiatan ilegal di perbatasan, kita sampaikan ke keamanan laut Singapura. Begitu juga sebaliknya, Singapura juga memberi informasi dengan kita jika ada pencurian ikan dan kegiatan ilegal di perairan Indonesia," kata Danramil Belakangpadang, AKP Ricardo Sitinjak, Kamis (3/5/2018).

Ricardi mengatakan, setiap harinya ada 14 prosonel dari TNI AD dan TNI AL menjaga perbatasan.

Selain itu juga berkoordinasi dengan pihak Bea dan Cukai (BC) serta instansi terkait untuk saling memberikan informasi keamanan di perbatasan.

"Anggota kita siaga di Pulau Nipah dan sebagian lagi di Pulaun Pemping. Bahkan nelayan kita yang ingin melaut di daerah perbataaan selalu melapor ke pos kita yang ada di Pulau Pemping. Hal ini agar bisa diketahui jika mereka nanti ada masalah," ujarnya.

Menurutnya, kendala dalam menjaga perbatasan negara, karena tidak memiliki peralatan pendukung yang memadai.

Namun hal itu tidak menjadi kendala baginya untuk menjaga NKRI.

Dengan bekerjasama dengan instansi terkait maka kekurangan penjuang kerja bisa terpenuhi.

"Dengan bekerjasam denfan instasni terkait, maka semua kebutuhan untuk menjalankan tugas menjaga NKRI akan terpenuhi. Jadi kita harus koordinasi dan sinergi dengan instansi yang ada," katanya.(*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved