Sekda Tanjungpinang Ngaku UMKM Aset Berharga, Tapi Tetap Harus Ikuti Zaman Now!

UMKM aset Tanjungpinang paling berharga. Sekda sarankan harus terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi alias zaman now!

Sekda Tanjungpinang Ngaku UMKM Aset Berharga, Tapi Tetap Harus Ikuti Zaman Now!
TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Sekdako Tanjungpinang Riono 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono mengatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan aset berharga. Keberadaannya harus dipertahankan, didodorong dan dikembangkan.

"UMKM sebagai penyangga ekonomi, maka tumbuh suburnya UMKM bisa menambah angka tenaga kerja. Dengan begitu mengurangi angka pengangguran," katanya, Selasa (8/5/2018).

Baca: Mbak Tutut Mantu, Kehadiran Mayangsari Hebohkan Pesta Pernikahan Cucu Soeharto!

Baca: Terungkap! Inilah 8 Trik Beli Tiket Pesawat Bocoran Orang Dalam! Nomor 2 Paling Mengejutkan!

Baca: Terungkap! Inilah 9 Sayuran Rumahan Penurun Kolesterol Jahat di Tubuh! Nomor 8 Mengejutkan!

Selain itu, menurutnya, suburnya UMKM juga menjadi satu diantara beberapa indikasi peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi juga menunjukkan peningkatan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, Pemko Tanjungpinang terus mendorong usaha kecil agar menjadi usaha besar.

Diantaranya dengan melaksanakan kegiatan peningkatan kewirausahaan bagi usaha mikro yang diikuti pelaku UMKM yang dibukanya pada Senin (7/5/2018) kemarin.

"Itu sebagai upaya kita menumbuhkembangkan kewirausahaan. Jadi kita terus dorong, yang sudah berkembang teruslah berinovasi dan tetap bersemangat meski kondisi perekonomian sedang lesu," kata Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Tanjungpinang ini.

Memang menurutnya, Pemko menerima keluhan pelaku usaha seperti masalah modal. Namun hal tersebut bisa disiasati dengan program CSR. Para pelaku usaha bisa memanfaatkan modal bank melalui Keredit Usaha Rakyat (KUR).

Kemudian masalah hukum, usaaha minimal memiliki izin peroduksi industri rumah tangga (PIRT). Kemudian pengemasan juga harus dibuat secara menarik dengan produk label, sertifikat halal, teruji kesehatan dan kandungan gizi.

"Kalau mau usaha maju hal-hal tersebut perlu dicermati," katanya.

Selain itu, Riono juga menyampaikan, iklim usaha juga sangat menentukan majunya UMKM. Oleh karena itu, pelaku usaha harus jeli melihat peluang yang ada. Sehingga usaha bisa tetap bertahan dalam segala kondisi ekonomi.

Selain itu, Riono juga berpesan agar pelaku usaha untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga tidak ketinggalan zaman. "Buat sistem online. Berikan pelayanan melalui mobile banking," katanya.(*)

Tags
UMKM
Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help