TIMNAS INDONESIA

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Sikap Luis Milla di Ruang Ganti. Padahal di Luar Tampak Tenang

Sosok Luis Milla yang tenang dan santun di luar lapangan, ternyata berbanding terbalik jika sedang berada di ruang ganti pemain

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Sikap Luis Milla di Ruang Ganti. Padahal di Luar Tampak Tenang
INSTAGRAM/@SPASO
Luis Milla bersama Ilija Spasojevi? di sela latihan jelang Timnas Indonesia vs Guyana 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Luis Milla sudah menangani Timnas Indonesia senior maupun U-23 sejak 20 Januari 2017 tahun lalu, namun belum ada hasil yang signifikan dari tangan dingin mantan pelatih Timnas Spanyol U-23 itu.

Sosoknya yang tenang dan santun di luar lapangan, ternyata berbanding terbalik jika sedang berada di ruang ganti pemain.

Milla merupakan sosok yang tegas jika melihat pemainnya kurang memberikan 100 persen kemampuannya membela Indonesia.

Baca: Suara Kecewa Mulai Muncul. Begini Masa Depan Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla di Mata Danurwindo

Baca: Kiper Timnas Berdarah Saat Lawan Uzbekistan. Greg Nwokolo Malah Minta Suporter Sadar

Baca: Pemain Naturalisasi Rp 1,2 Miliar Dipanggil Timnas U-23 Indonesia, Siapa yang Bakal Terdepak?

Hal itu diceritakan sedikit oleh dokter yang menjabat menjadi dokter Timnas Indonesia sejak 2011, Syarif Alwi Maruapey dalam perbincangan bersama wartawan Warta Kota, beberapa hari lalu.

"Beliau (Luis Milla) walaupun kalau jumpa pers santun dan tenang, tapi dia paling tidak suka dengan pemain yang setengah-setengah dalam memberikan kemampuannya untuk Indonesia," ungkap dokter yang akrab disapa Papi di Hotel Lorin, Sentul.

Papi juga membeberkan bahwa cara Luis Milla melatih anak asuhnya dengan disiplin tinggi ala Eropa, dan itu salah satu cara terbaik untuk membangun tim besar di masa depan.

"Sangat-sangat disiplin. Dari latihan sampai hal non teknis. Biasanya kalau hal non teknis Papi yang kasih tahu anak-anak," ujar dokter yang pernah studi banding ke mantan klub Milla, Real Madrid itu.

"Hal non teknis misalkan kalau sedang tidur harus benar-benar tidur, sehari sebelum bertanding kalau bisa tidak menggunakan handphone, bahkan kalau tidur siang ya.. kamar pemain itu harus tertutup, itu berpengaruh pada hormon lho," katanya.

Pelatih Luis Milla saat memberi instruksi kepada pemain Timnas U23 jelang laga melawan Suriah, Kamis (16/11/2017)
Pelatih Luis Milla saat memberi instruksi kepada pemain Timnas U23 jelang laga melawan Suriah, Kamis (16/11/2017) (TWITTER/@PSSI_FAI)

Walaupun hasil dari turnamen terakhir yang diikuti tim asuhan Milla terbilang gagal di Anniversary Cup 2018, namun pria berkumis tebal ini justru sangat yakin Luis Milla bisa membawa Timnas Indonesia berjaya di AFF Cup 2018, November nanti.

"Kalau Papi sih sebagai orang yang juga ada di Timnas ya yakin-lah. Seharusnya juga suporter tetap mendukung dan percaya ya pada Coach (Milla) yang sedang membangun tim ini" cetus dokter yang pernah juga menjadi pelatih tim Balap Sepeda di SEA Games 2007.

Lebih lanjut, Papi juga mengharapkan fenomena pemain naturalisasi di Timnas Indonesia dapat menjadi contoh bagi pemain lainnya, dari segi kedisiplinan dan kebiasaannya.

Halaman
12
Editor: nandrson
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved