Kerajaan Terima Hasil Pemilu Malaysia, Dr M Tak Bisa Otomatis jadi PM. Ini Sebabnya

Koalisi yang dipimpin oleh Dr Mahathir Mohamad tersebut meraih 113 kursi, sementara koalisi petahana Barisan Nasional hanya meraih 87 kursi.

Kerajaan Terima Hasil Pemilu Malaysia, Dr M Tak Bisa Otomatis jadi PM. Ini Sebabnya
Berita Harian
Para pendukung oposisi Malaysia, Pekatan Harapan, merayakan kemenangan atas Barisan Nasional setelah 60 tahun. 

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Pihak Istana Negara hari ini menerima keputusan resmi Pemilihan Umum atau Pilihan Raya Umum ke-14 (PRU14) untuk semua kursi parlemen dan Dewan Undangan Negeri di seluruh negara.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Istana Negara, Sultan Muhammad V, Datuk Nik Mohd Shafriman Nik Hassan, menerima keputusan resmi dari komisi pemilihan umum (SPR), sekitar pukul 14.45 waktu setempat, demikian dilaporkan media online Free Malaysia Today.

SPR pada Kamis dinihari mengumumkan bahwa koalisi oposisi yang tergabung dalam Pakatan Harapan memenangkan Pemilu di Malaysia.

Koalisi yang dipimpin oleh Dr Mahathir Mohamad tersebut meraih 113 kursi, sementara koalisi petahana Barisan Nasional hanya meraih 87 kursi.

Oposisi lainnya, partai Islam se-Malaysia meraih 18 kursi, partai Warisan Sabah 8 kursi, kemudian Partai Solidariti Tanah Airku (STAR), satu kursi dan independen 3 kursi.

Kemenangan oposisi ini merupakan perjuangan reformasi yang sudah digaungkan sejak 60 tahun lalu.

Meskipun kursi PH melebihi batas minimal 112 kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan, namun yang teredaftar di SPR adalah PKR, sehingga jabatan PM tidak otomatis diberikan kepada Mahathir.

PM akan ditunjuk oleh pemimpin kerajaan atau Yang Dipertuan Agung Malaysia.

Namun, peralihan kekuasaan ini diperkirakan berjalan mulus karena Yang Dipertuan Agung Malaysia setuju untuk menunjuk Dr M sebagai perdana menteri ke-7.

Pihak Istana saat ini mempersiapkan prosesi pelantikan dan belum diumumkan jadwalnya.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved