Mellennial

Mengenal Party Planner, Peluang Bisnis yang Menggiurkan

Agar bisa sukses, seorang party planner harus memiliki tim kecil. Walaupun hanya dua orang, tapi keberadaan tim kecil sangatlah penting.

Mengenal Party Planner, Peluang Bisnis yang Menggiurkan
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

KREATIF dan inovatif menjadi bagian karakter kebanyakan generasi Mellennials masa kini. Setidaknya hal itu terlihat dari banyaknya profesi yang tengah booming sekarang ini yang digeluti para Mellennials. Sebut saja, jasa party planner.

Defi Soviana adalah satu di antara Mellennials yang berprofesi sebagai seorang party planner. Cewek yang satu ini melihat bahwa semakin banyak yang membutuhkan jasa party planner.

"Kebetulan saya kerja di hotel. Jadi kalau ada acara kayak party, customer suka panggil party planner. Karena itulah saya jadi berpikir kenapa tidak saya juga ikut terlibat sebagai party planner. Saya coba ternyata asyik juga," jelasnya.

Saat merencanakan sebuah pesta, menurut Devi sangat dibutuhkan kreatifitas. Mulai mencari ide dekorasi, acara pesta agar tak membosankan dan menyiapkan pernik pelengkap lainnya.

"Sebagai party planner tentu kita bebaskan client menentukan ingin tema seperti apa. Vintage, klasik, dan sebagainya. Dari tema itu, kita sesuaikan untuk set table dan party-nya," kata Nur Eka Sustari, pemilik akun @daisypartyplan.

Agar bisa sukses, seorang party planner harus memiliki tim kecil. Walaupun hanya dua orang, tapi keberadaan tim kecil sangatlah penting. Tujuannya, agar semua rencana bisa berjalan sesuai keinginan dan bisa saling berbagi dan melengkapi.

"Paling tidak kita butuh orang yang bisa desain. Terutama untuk merancang backdrop, jadi perlu didesain terlebih dahulu. Dan satu sama lain juga harus kreatif," ungkapnya.

Party planner juga butuh modal finansial. Tapi, jangan takut karena pembelian peralatan pelengkap pesta bisa dicicil secara pelan-pelan.

"Beberapa pernik yang dibutuhkan seorang party planner antara lain, taplak meja, hiasan kursi, frame foto, lentera, tempat lilin dan bunga-bunga. Dan masih ada kebutuhan lainnya yang disesuaikan kebutuhan masing-masing client," ujar Friza Giovanny, desainer backdrop Daisy Party Planner Batam.

Saat ingin memulai menggeluti bisnis ini, sebenarnya kita bisa mencari inspirasi dari banyak hal. Yang penting, hindari menjiplak hasil rancangan milik party planner lain. “Mengambil inspirasi boleh tetapi tidak boleh ditiru 100 persen," tambahnya.

Tantangan dalam berinovasi tentu ada saja, dan untuk jasa party planner sendiri tantangannya adalah mencari yang unik dan berbeda setiap pesta meskipun temanya sama. (*)

Tips
Sukses Geluti Profesi Party Planner
1. Siapkan modal walaupun sedikit
2. Atur dengan bijak sistem pembayarannya
3. Terus berpikir kreatif
4. Rajin searching dan mencari ide
5. Hindari menjiplak

Tags
Bisnis
tips
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved