Mellennial

Ternyata di Batam Ada Kerajinan Enceng Gondok. Simak Yuk Tutorialnya

Berbagai hasil kerajinan bisa dihasilkan dengan eceng gondok. Seperti tas, sandal, sajadah, vas bunga, keranjang dan sebagainya.

Ternyata di Batam Ada Kerajinan Enceng Gondok. Simak Yuk Tutorialnya
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

HAI guys, biasanya kalian mengisi waktu luang dengan kegiatan apa? Gimana kalau mencoba berkreasi dengan barang yang dianggap limbah agar jadi benda yang bernilai ekonomis. 

Misalnya saja dengan mengolah eceng gondok. Tanaman yang sering tumbuh dalam genangan air atau rawa-rawa, ternyata bisa diolah jadi aneka kerajinan bernilai ekonomis, lho!

Bisa dijadikan aksesoris dan beberapa perlengkapan rumah tangga, bagian enceng gondok yang banyak dimanfaatkan adalah bagian batangnya yang sudah panjang.

"Eceng gondok itu mudah didapat dan perawatannya juga mudah. Jadi bisa dijadikan kerajinan, jika mempunyai keinginan dan bakat dalam bidang kerajinan," kata Isna, pemilik brand Isna Puring yang membuat kerajinan eceng gondok pada Jumat (11/5) di Bukit Ayu Lestari Blok B1 No 8, Sei Beduk.

Eceng gondok yang tadinya berwarna hijau, akan berubah warna menjadi coklat jika sudah mengering. Bahkan akan berubah warna menjadi putih jika rutin dijemur di bawah matahari.

Eceng gondok juga bisa dikeringkan dengan cara pengasapan, tetapi warna akan berubah menjadi kekuningan tidak putih.

"Waktu pengeringannya butuh sekitar 8 sampai 9 hari. Kalau panas terik terus bisa 5 sampai 6 hari. Untuk memipihkan eceng gondok bisa menggunakan alat ampia saja, setelah pipih tinggal digunting agar rapi," ungkap ketua Forum Kreatif Sei Beduk.

Saat membuat kerajinan enceng gondok dibutuhkan cetakan agar saat eceng gondok dianyam, bentuknya tetap konsisten dan tidak mudah bergerak. Cetakannya bisa dibuat dari kayu atau triplek.

Sekilas memang terlihat mudah, tetapi butuh ketelatenan, kreatifitas dan minat dalam hal kerajinan. Terutama dengan menggunakan eceng gondok.

Hasil kerajinan enceng gondok juga menarik minat Dwi Mulyani, mahasiswi Universitas Putra Batam jurusan managemen bisnis, semester 8.

Halaman
12
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved