Biasa Dipakai Rakit Pesawat Terbang, Terungkap Inilah Alasan Aparat Keamanan Pakai Borgol Plastik!

Borgol plastik belakangan menjadi pilihan aparat keamanan saat menggelandang pelaku kejahatan ketimbang borgol biasanya. Kenapas?

Biasa Dipakai Rakit Pesawat Terbang, Terungkap Inilah Alasan Aparat Keamanan Pakai Borgol Plastik!
via intisarionline
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.ID-Borgol plastik kini sering dipakai aparat keamanan ketimbang borgol lainnya. Saat penanganan rusuh di Mako Brimob pekan lalu semisal, saat pemindahan napi terlihat tangannya diborgol plastik.

Menarik, kenapa polisi membawa borgol plastik alih-alih borgol besi yang biasa kita lihat?

Baca: Terungkap! Inilah 9 Sayuran Rumahan Penurun Kolesterol Jahat di Tubuh! Nomor 8 Mengejutkan!

Baca: Terungkap! Inilah 5 Gangster Terbesar di Dunia! Nomor 2 Penghasilannya Mengejutkan!

Baca: Heboh! Ditanya Soal Gugatan Cerai Lina, Adik Ipar Sule Beri Jawaban Mengejutkan!

Baca: Terungkap! Inilah 8 Trik Beli Tiket Pesawat Bocoran Orang Dalam! Nomor 2 Paling Mengejutkan!

Borgol plastik (plastic handcuffs) sudah lama dipakai oleh aparat keamanan baik polisi maupun militer untuk menghadapi masalah keamanan.

Militer AS yang bertugas di Irak dan Afganistan termasuk yang paling banyak menggunakan borgol plastik untuk menangani para kombatan sipil yang tertangkap dan biasanya dalam jumlah besar.

Semua personel AS yang sedang dalam tugas tempur menangani pemberontakkan (insurgency) masing-masing dibekali borgol plastik dalam jumlah besar.

Setiap orang yang dicurigai atau terbukti telah melakukan penyerangan terhadap pasukan AS langsung dilumpuhkan dengan cara diborgol plastik kedua tangannya.

Teknik melumpuhkan penyerang itu bahkan dilatihkan secara khusus kepada setiap personel pasukan AS dan bukan hanya tugas polisi militer saja.

Karena biasa digunakan untuk melumpuhkan para penyerang atau pemberontak, borgol plastik itu pun dikenal sebagai “borgol antipemberontakan” (counterinsurgency handcuffs).

Selain berfungsi untuk melumpuhkan orang borgol plastik itu juga termasuk lebih manusiawi dibanding borgol logam karena tidak melukai tangan.

Borgol plastik selalu dibawa dalam jumlah besar karena target yang akan dilumpuhkan oleh militer AS selalu dalam jumlah besar.

Halaman
123
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved