Petugas Kantor Pajak Tanjungpinang ke Anambas, Begini Reaksi Gembira Warga Anambas!

Petugas Kantor Pajak Tanjungpinang ke Anambas, wajib pajak di sana mengaku senang karena lebih hemat biaya pengurusan pajak. Begini kesaksiannya!

Petugas Kantor Pajak Tanjungpinang ke Anambas, Begini Reaksi Gembira Warga Anambas!
TRIBUNNEWS.com
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Layanan akses internet yang belum optimal di Anambas, belakangan juga dirasakan oleh tim Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpinang.

Tim yang diketahui rutin secara bergantian datang ke Anambas setiap bulannya, bahkan sampai ke salahsatu kafe yang berlokasi mengarah ke Air Padang Kecamatan Siantan untuk mendapat akses internet yang ideal.

Baca: Heboh! Ditanya Soal Gugatan Cerai Lina, Adik Ipar Sule Beri Jawaban Mengejutkan!

Baca: Terungkap! Inilah 9 Sayuran Rumahan Penurun Kolesterol Jahat di Tubuh! Nomor 8 Mengejutkan!

Baca: Jangan Sepelekan! Inilah 10 Ciri Kuku Penanda Penyakit Berbahaya di Tubuh Anda!

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

"Kendalanya memang akses internet. Karena memang harus terkonfirmasi. Terkadang, kami mengerjakan di kafe atas itu karena sinyal di sana kencang," ujar Raden Aryo Biswarno Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II KPP Pratama Tanjungpinang saat ditemui‎ di depan kantor Badan Keuangan Daerah, Senin (14/5/2018).

Meski demikian, namun pihaknya memiliki cara tersendiri dalam melayani masyarakat seperti untuk membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sebagai langkah awal, nomor NPWP akan dikirim melalui pesan singkat kepada pemohon,

yang disusul dengn fisik kartu apabila tim datang kembali pada bulan selanjutnya. Pihaknya pun telah meminta bantuan ke Diskominfo untuk dipermudah dalam membuka situs pembayaran secara online.

"Kalau layanan internet memungkinkan, bisa kami cetak langsung di tempat. Untuk pengiriman nomor NPWP itu sudah aktif.

Dan kami sampaikan kewajiban yang harus dilakukan bagi pemilik NPWP. Seperti melapor pada bulan berikutnya‎," ungkapnya.

Kantor Layanan Pajak Pratama Tanjungpinang

Aryo mengatakan tim dari KPP Pratama Tanjungpinang khusus untuk melayani NPWP dan pelaporan SPT, meski tidak menutup untuk membuka konsultasi.

Setiap bulannya, seratus hingga tiga ratus permohonan NPWP diterima oleh tim yang berpusat di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas. Jumlah ini pun, diakuinya jauh berbeda dengan pelaporan SPT yang dilakukan oleh wajib pajak.

"Untuk SPT, mayoritas warga sudah memanfaatkan secara online. Kalaupun ada yang masih manual sekitar 10 permohonan," bebernya.

‎Ia pun juga menyampaikan mengenai adanya rencana pembentukan KPP Pratama di Anambas.

Menurutnya, analisa dan data mengenai rencana pembentukan KPP di Anambas sudah disampaikan ke pusat. "Sudah dikirim ke pusat. Memang, antusias masyarakat sungguh luar biasa," ujarnya.

Hadirnya tim dari KPP Pratama Tanjungpinang ini pun, disambut positif masyarakat. Ana, salahseorang warga mengatakan, hadirnya tim KPP Pratama Tanjungpinang cukup membantu dalam mengurus NPWP dan hal lainnya yang berkenaan di KPP.

"Iya baguslah. Kalau ke Tanjungpinang sudah menghabiskan biaya dan waktu berapa lama. Mudah-mudahan terus seperti ini," ungkapnya.

Tim Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpinang saat menjelaskan kepada salahseorang pemohon di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Senin (14/5/2018)
Tim Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpinang saat menjelaskan kepada salahseorang pemohon di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Senin (14/5/2018) (Tribun/Septyan Mulia Rohman)

(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help