Berita Anambas

Anambas Gesa Program Air Bersih dan Sanitasi. Tahun 2018 Ini Desa Targetnya!

Pemkab Anambas menargetkan tahun 2021 seluru desa di kabupaten kepulauan ini telah melaksanakan Pamsimas. Tahun 2018 ini desa targetnya!

Anambas Gesa Program Air Bersih dan Sanitasi. Tahun 2018 Ini Desa Targetnya!
Istimewa
Ilustrasi Air bersih 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah (Balitbangpeda) Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan tahun 2021 seluruh desa sudah melaksanakan kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kepala bidang infrastruktur Balitbangpeda Kabupaten Kepulauan Anambas, Andyguna mengatakan, Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL), telah dibuat secara bertahap serta dimulai sejak tahun 2017 kemarin.

Baca: Jusuf Kalla Ultah ke-76, Begini Penampakan Fotonya Sewaktu Muda: Kumisnya Tak Berubah!

Baca: Inilah Suku Lingon! Bule Asli Indonesia dengan Mata Biru dan Keberadaannya Misterius!

Baca: Pendaki Mengenalnya Sebagai Pasar Setan, Inilah Penjelasan Sains Soal Pasar Bubrah Gunung Merapi!

Baca: Terungkap! Inilah Alasan Sebenarnya Inul Daratista Tak Hadir di Final Liga Dangdut Indonesia!

"Kegiatan ini sudah kami mulai sejak tahun 2017 di lima desa. Kemudian pada tahun 2018 di sebelas desa dan di tahun 2019 kami menargetkan lima belas desa," ujarnya Selasa (15/5/2018).

Pihaknya mengatakan, program Pamsimas ini sejalan dengan agenda prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yakni pembangunan infrastruktur dasar seperti air bersih dan listrik serta pemukiman yang layak.

Adapun mekanisme dana yang digunakan untuk merealisasikan program ini, meliputi skala empat berbanding satu antara dana Pemerintah Pusat, dengan dana yang bersumber dari kabupaten, selain adanya harapan untuk peran aktif dari swadaya masyarakat.

Sementara untuk mekanisme penganggarannya dapat dilakukan antara kabupaten dengan desa dengan presentase 70 persen dan desa 10 persen. Kemudian peran aktif masyarakat yang diharapkan bisa mencapai empat persen dan 16 persen dengan realisasi berupa gotong royong.

"Secara bertahap Insya Allah di tahun 2021 seluruh desa dapat melaksanakan program Pamsimas," bebernya. Camat Siantan Tengah, Herry Fakhrizal yang diminta tanggapannya mengenai program Pamsimas ini, mendukung program tersebut.

Sesuai jadwal, kegiatan Pamsimas di 2018 untuk kecamatan yang dipimpinnya meliputi Dusun Muntai dan lanjutan Desa Air Sena serta Desa Teluk Siantan. Sementara, untuk tahun 2019 akan masuk ke Desa Air Asuk, Liuk, Lidi hingga ke Desa Teluk Sunting.

"Kami mendukung penuh program ini. Artinya, masyarakat juga yang nantinya akan menikmati program ini bila terealisasi," ungkapnya seraya mengatakan kalau sosialisasi ke masyarakat sudah dilakukan untuk mendukung program ini.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help