RAMADHAN 1439 H

Puasa 2018. Penentuan 1 Ramadan, Badan Hisab dan Rukyat Batam Teropong Bulan di Sekupang

"Selasa rencananya tim Badan Hisab dan Rukyat Kota Batam melakukan peneropongan bulan di Tanjungpinggir Sekupang," kata Kepala Kemenag Batam

Puasa 2018. Penentuan 1 Ramadan, Badan Hisab dan Rukyat Batam Teropong Bulan di Sekupang
Tribunnews.com
Tim Hisab dan Rukyat melihat hilal untuk menentukan awal puasa Ramadan, Jumat (26/5/2017) sore. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Untuk menentukan 1 Ramadhan 1439 Hijiriah tahun 2018 Badan Hisab dan Rukyat Kota Batam akan melakukan peneropongan Hilal di Tanjungpinggir, Sekupang, Selasa (15/5/2018).

Namun penetapan Ramadhan menunggu keputusan dari hasil sidang Isbat yang rencananya akan digelar pada, Selasa (15/5/2018), oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Selasa rencananya tim Badan Hisab dan Rukyat Kota Batam akan melakukan peneropongan bulan di Tanjungpinggir Sekupang," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Erizal Abdullah.

Baca: Pasar Murah di Tiban. Warga Datang Lebih Pagi Karena Takut Kehabisan

Baca: Klarifikasi Kapolri: Dita, Pelaku Bom di Surabaya Tak Pernah Pergi ke Suriah

Baca: Pasar Murah di Samping GOR Tiban. Warga Sudah Antre Sebelum Pasar Dibuka

Erizal Abdullah mengatakan pemantauan hilal akan dilakukan di tempat yang tinggi.

Dimana untuk tim pemantau berasak dari berbagai kalangan seperti MUI, NU, Muhammadyah, BMKG dan ormas Islam lainnya, yang ikut serta dalam pemantuan hilal nantinya.

"Untuk titik hilal nanti, pihaknya akan fokus di Tanjungpinggir, dan diharapkan cuaca akan mendukung, sehingga tidak mengganggu pandangan saat memantau hilal," katanya.

Menurut Dia, agar bisa melihat hilal harus dilakukan di atas empat derajat baru bisa. Itu pun harus didukung kondisi cuaca yang cerah dan tidak hujan. 

"Pemantauan atau melihat Hilal menggunakan ilmu falakiyah. Pertama tim harus menentukan dulu posisi matahari dan bulan, adapun metode yang nanti dipakai adalah hisab atau perhitungan," katanya.

Erizal menyebutkan akan dilaksanakan sekitar Jam 17.00 WIB. Semua tim nanti sudah bisa melakukan peneropongan atau memantau hilal.

"Untuk persiapan menjelang pelaksanaan Ramadhan nanti, sudah berjalan 80 persen, termasuk jadwal  imsyakiah. Warga bisa mengambil langsung ke Kantor Kemenag Batam di Sekupang," katanya. (bur)

Penulis: zabur_anjasfianto
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help