Mellennial

Ingin Selalu Bugar Selama Ramadan? Intip Yuk Rahasianya

Marhaban ya Ramadan. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan penuh ampunan ini, termasuk dalam hal kesiapan fisik. Apa saja itu?

Ingin Selalu Bugar Selama Ramadan? Intip Yuk Rahasianya
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

BULAN Ramadan, bagi semua umat muslim adalah bulan yang sangat dinantikan. Bulan penuh berkah dan kesempatan untuk mendulang banyak pahala. Karenanya, nggak heran kalau kehadiran bulan suci ini selalu disambut dengan gembira.

Berbagai persiapan dilakukan termasuk dalam hal kesiapan fisik. Karena nggak bisa dipungkiri jika puasa yang artinya menahan makan dan minum mulai matahari terbit hingga tenggelam butuh fisik yang cukup kuat. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan.

Mahesti Yolla Prasesti misalnya, mempersiapkan asupan untuk bulan puasa dengan memperbanyak stok sayur dan buah-buahan. Agar saat berpuasa tetap segar dan tetap bugar.

"Biasanya kalau sahur banyakin minum air putih terus minum susu biar tambah tenaga. Juga lebih banyak makan sayur yang berkuah seperti sup dan buah-buahan," katanya.

Sama halnya dengan Reza Putri Maharani, ia tidak pernah ketinggalan makan buah saat sahur, dan yang terpenting makan makanan bergizi yang cukup dan konsumsi nasi serta lauk pauknya.

"Kalau buka puasa makan yang manis-manis kayak kurma, kue-kue, baru makan yang gurih-gurih kayak gorengan. Enggak pernah makan nasi gitu sih soalnya udah kenyang duluan. Kalau sahur baru nasi sama buah," ungkapnya.

Marini Srianti, karyawan swasta di perusahaan swasta di Batam juga menyambut Ramadan dengan suka cita. Karena selama puasa, ia bisa merasakan menu segar saat berbuka. Dan membuatnya semakin bersemangat untuk berpuasa.

"Kalau di bulan puasa menu buka puasa favoritku pepaya santan dikasih es batu, buatan mama,enak banget. Jadi segar setelah berbuka puasa," katanya.

Saat berpuasa, sahur adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Selain karena sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sahur juga merupakan pengganti sarapan untuk menjaga stamina tubuh selama seharian.

"Saat sahur kita perlu nutrisi sehat tercukupi. Terutama kebutuhan empat sehat lima sempurnanya. Selain karbohidrat, protein, kita juga butuh buah dan sayur," kata dr Rizki Valdani Samantha,SGz, Kepala Instalasi Gizi RSUD Embung Fatimah Batam saat talk show kesehatan bersama ISI dan Pocari Sweat.

Dr Rizki juga mengatakan, hal yang perlu dihindari saat sahur adalah minuman kopi atau teh. Karena pada teh dan kopi mengandung zat bioretik yang akan membuat kita cepat haus. Dan hal yang perlu ditambah adalah cairan yang mengandung ion. Karena cairan yang mengandung ion dapat mengikat cairan pada tubuh lebih lama.

"Hal penting yang harus dilakukan setelah sahur adalah gosok gigi. Dan tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan. Seperti jogging, jalan kaki, atau main sepeda. Karena ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan detoks tubuh," katanya.

Saat berbuka puasa, hal yang susah dikontrol adalah ‘lapar mata’ menjelang buka puasa. Biasanya, semua yang terlihat ingin dibeli dan ingin dimakan. Tetapi tidak semua makanan bisa kita konsumsi secara sekaligus.

"Pertama kali tentu harus diawali dengan makanan yang manis-manis untuk menormalkan gula darah. Hindari minum es saat buka puasa agar tidak kembung, saat makan juga tidak disarankan terburu-buru," ungkapnya.
Jadi setelah berbuka dengan yang manis, sebaiknya satu jam setelahnya baru makan yang berat-berat, seperti nasi dan aneka lauk lainnya dengan nutrisi yang seimbang. (*)

Tips
Mengatur Asupan Nutrisi saat Puasa
1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
2. Hindari teh dan kopi saat sahur
3. Makanlah makanan yang manis. Hindari buka puasa dengan es
4. Makan berat setelah satu jam setelah berbuka puasa
5. Olahraga ringan, jogging, jalan kaki, hingga sepedaan. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved