Mellennial

CATAT! Ini Dia 5 Cara Cegah Bau Mulut Selama Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, biasanya masalah yang dihadapi adalah aroma nafas yang kurang sedap. Bagaimana cara mengatasinya?

CATAT! Ini Dia 5 Cara Cegah Bau Mulut Selama Puasa
ISTIMEWA

SAAT menjalankan ibadah puasa, biasanya masalah yang dihadapi adalah aroma nafas yang kurang sedap. Meski sepele, tapi kadang bisa mengurangi rasa percaya diri. Padahal, sebenarnya masalah tersebut kita siasati untuk mengurangi aroma tersebut.

Desviani Hesty, pemilik akun @galleryshop_ku berbagi pengalamannya selama bulan puasa agar tidak terganggu bau mulut. Selama ini, ia banyak minum air putih, sikat gigi, hingga berkumur dengan obat kumur.

"Saya juga mengurangi makanan yang bisa memicu panas dalam. Sudah itu aja sih," katanya.

Sementara Faizah, ia menghindari bau mulut dengan tidak makan makanan yang berbau bawang. Selain itu ia juga memilih pasta gigi yang tepat juga dibantu obat kumur.

"Biasanya saya selalu sikat gigi setelah berbuka puasa dan setelah sahur," ungkapnya.

Hal sama juga dikatakan Riska Novita, wanita yang bekerja di dunia entertainment ini menyiasati bau mulut dengan sikat gigi secara teratur dan dibantu obat kumur.

"Saya juga banyak minum air putih dan mimun minuman yang ada ion nya," ungkapnya.

Drg Juanna Soehardy, MARS selaku dokter spesialis gigi di Rumah Sakit Budi Kemuliaan mengungkapkan, selama Ramadan, dia menyarankan agar kita menghindari makanan dan minuman yang dapat merangsang bau mulut tak sedap. Seperti jengkol, petai, durian, dan makanan yang merangsang timbulnya bau.

"Saat bulan puasa, mulut kita terasa kering. Makanya nafas jadi tidak sedap baunya. Tapi bisa disiasati dengan hidup bersih selama puasa," katanya Rabu (16/5/2018).

Selain mulut kering, karang gigi yang menumpuk dan gigi yang berlubang juga akan membuat nafas menjadi tidak segar. Jadi perlu diperhatikan agar membersihkan karang gigi, hingga tambal gigi, agar bau mulut bisa berkurang.

"Makanan yang dibiarkan berjam-jam di dalam mulut, akan membuat nafas menjadi tidak segar. Kalau makan makanan panas dan minum dingin tidak ada pengaruh ke bau mulut tetapi lebih ke kondisi giginya," ungkapnya.

Selain sikat gigi secara teratur, dan dibantu dengan obat kumur. Banyak minum air putih juga akan meningkatkan produksi air liur yang dapat membantu mulut tetap bersih.

"Tetapi perlu diperhatikan menyikat gigi dengan benar. Karena sikat gigi yang tidak benar akan membuat sisa makanan masih menempel dan kita akan merasakan bau mulut," ungkapnya.

Walaupun berpuasa selama seharian penuh, tidak tertutup kemungkinan kita tetap harus bersosialisasi dengan orang lain. Dan dengan nafas yang segar akan membuat kita percaya diri saat bertemu dengan orang lain. (*)

Tips
Nafas Segar Selama Berpuasa
1. Sikat gigi sebelum tidur, dan sesudah sahur. Dapat dibantu obat kumur juga
2. Perbanyak minum air putih
3. Hindari makanan dan minuman yang merangsang bau mulut
4. Selain sikat gigi, bantu dengan bersihkan lidah juga secara rutin
5. Bersihkan karang gigi, dan tambal gigi yang berlubang. (*)

Tags
puasa
sehat
Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved