Berita Kepri

Dermaga Pelabuhan Sri Bayintan Diperpanjang 70 Meter, Jadi Pusat Kontainer di Kepri!

Kehadiran pelabuhan kontainer ini mendapat sambutan luar biasa dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Begini pesan khusus gubernur ke Pelindo!

Dermaga Pelabuhan Sri Bayintan Diperpanjang 70 Meter, Jadi Pusat Kontainer di Kepri!
tribunbatam/thom limahekin
Gubernur Nurdin meninjau pelabuhan sri bayintan, Kamis (17/5/2018). Dermaga bakal diperpanjang dan menjadikannya pusat kontainer di Kepri 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Potensi Sri Bayintan Kijang sebagai sebuah pelabuhan kontainer di Kepri akan terwujud dalam waktu dekat.

Kehadiran pelabuhan kontainer ini mendapat sambutan luar biasa dari Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. Tidak heran, dia menyiapkan waktu khusus untuk meninjau pelabuhan tersebut pada Kamis (17/5/2018) siang.

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

Baca: Warga Kijang Lama-Melayu Kotapiring Keluhkan Layanan PDAM, Ini Reaksi Petinggi PDAM Kepri!

Baca: Inilah Suku Lingon! Bule Asli Indonesia dengan Mata Biru dan Keberadaannya Misterius!

Nurdin sendiri mengaku mendukung penuh upaya Pelindo I Tanjungpinang membangun pelabuhan kontainer tersebut. Upaya tersebut tentu akan menjawab persoalan yang muncul selama ini terkait peredaran barang dan jasa di Kepri.

"Terserah Pelindo mau bekerja sama dengan siapa. Saya sangat mendukung pembangunan ini. Sekarang orang-orang ingin membawa barang dalam kontainer demi keselamatan dan keamanan," komentar Nurdin saat meninjau pelabuhan Sri Bayintan di Kijang, Kamis (17/5/2018) siang.

Nurdin mendorong Pelindo supaya membangun pelabuhan kontainer tersebut seluas-luasnya. Sebab, pelabuhan itu akan memberikan prospek yang besar bagi pertumbuhan ekonomi di pulau Bintan yang terdiri dari tiga pemerintahan, baik Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang maupun Pemkab Bintan.

Gubernur Nurdin meninjau pelabuhan sri bayintan, Kamis (17/5/2018). Dermaga bakal diperpanjang dan menjadikannya pusat kontainer di Kepri
Gubernur Nurdin meninjau pelabuhan sri bayintan, Kamis (17/5/2018). Dermaga bakal diperpanjang dan menjadikannya pusat kontainer di Kepri (tribunbatam/thom limahekin)

"Kami pemerintah pasti sangat mendukung. Kami akan memperlebar jalan dan membuat bobot yang lebih dari 20 ton untuk mendukung lalu lintas truk kontainer," ungkap Nurdin.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Bambang Eka Cahyana menerangkan, pelabuhan Sri Bayintan itu akan diperpanjang sekitar 70 meter lagi. Pemanjaangan lokasi sandar kapal di pelabuhan ini akan mempermudah labuh kapal di pelabuhan tersebut.

"Nanti kapal penumpang, kontainer dan kapal rakyat tidak berebut parkir lagi. Karena pelabuhannya sudah luas. Lima kapal bisa sandar sekaligus," ujar Bambang.

Menurut Bambang, pembangunan pelabuhan kontainer di Sri Bayintan tersebut menelan anggaran mencapai Rp 100 miliar. Pelabuhan ini diperkirakan sudah selesai dibangun pada akhir 2018 nanti. Sekitar 70.000 kontainer ditargetkan akan masuk melalui pelabuhan itu selama setahun.

"Selama ini, kontainer didatangkan dari Surabaya, Jakarta dan Medan. Nanti seiring dengan semakin luas pelabuhannya, pasti semakin banyak kontainer didatangkan ke sini," yakin Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I tersebut.(*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help