Berita Anambas

Dibanding Pemilu 2014 Jumlah TPS Pemilu 2019 Bertambah! Begini Penjelasan KPU Anambas!

Jumlah TPS pada Pilpres 2019 diperkirakan bertambah dibanding Pilpres 2014. Begini penjelasan KPU Anambas!

Dibanding Pemilu 2014 Jumlah TPS Pemilu 2019 Bertambah! Begini Penjelasan KPU Anambas!
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-‎Proses pencocokan dan penelitian data (coklit), menjadi momen bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendongkrak partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilu.

Jufri Budi Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, ajakan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu, seperti pada Pemilu tahun 2019 mendatang, dilakukan agar presentase pemilih di Anambas meningkat.

Baca: Selamat dari Zona Kematian, Dua Mahasiswi Unpar Taklukan Gunung Everest! Kisahnya Mencekam!

Baca: Jago Bela Diri dan Anti Teror, Inilah 7 Fakta Mengejutkan Pengasuh Keluarga Kerajaan Inggris!

Baca: Mengejutkan! Inilah 5 Buah Penghilang Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi! Mentimun Paling Dahsyat!

Divisi program dan data ini menjelaskan, pada tahun 2014 kemarin, besaran partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum mencapai 82 persen.

Pihaknya menargetkan kalau partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2019 mendatang harus mengalami peningkatan dibandingkan pemilu pada tahun 2014.

"Kalau bisa tembus 90 persen. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan coklit, kami juga mengajak pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 nanti," ujarnya Kamis (17/5/2018).

Jufri menjelaskan kalau proses Coklit sudah berakhir pada Rabu (16/5) kemarin sejak dilaksanakan pada tanggal 17 April 2017 kemarin. Hasil coklit saat ini masih dalam tahap rekapitulasi di tingkat desa. Rencananya, hasil tersebut akan diplenokan pada15 Juni 2019 menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"Mengenai angka pastinya belum bisa kami sampaikan, karena masih dilakukan rekapitulasi pada tingkat desa," ungkapnya. Pihaknya juga memprediksi, terdapat peningkatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibandingkan pemilu tahun 2014 kemarin.

Peningkatan jumlah TPS ini, menurutnya dikarenakan adanya aturan KPU yang memuat jumlah peserta Pemilu per TPS maksimal mencapai 300 orang. Adapun untuk jumlah TPS pada ‎tahun 2014 kemarin mencapai 105 TPS.

"Kami prediksi mengalami peningkatan. Karena, dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2014 kemarin, satu TPS maksimal berisi 500 orang. Kami memprediksi jumlahnya bisa mencapai 150 TPS," ungkapnya.(*)

Tags
TPS
Pilpres
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help