Berita Batam

Antisipasi Aksi Teror. Pemko Batam Keluarkan Surat Edaran Terkait Kamtibmas: Aktifkan Siskamling!

"Hidupkan siskamling. Kalau ada orang baru masuk, RT dan RW harus aktif. Laporkan kalau ada hal-hal yang mencurigakan," kata Rudi

Antisipasi Aksi Teror. Pemko Batam Keluarkan Surat Edaran Terkait Kamtibmas: Aktifkan Siskamling!
tribun medan/istimewa
Ilustrasi Siskamling 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Wali Kota Batam mengeluarkan surat edaran tentang upaya berdamai untuk kewaspadaan dini dalam mengantisipasi dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Batam.

Surat edran ini dikeluarkan, menyikapi gangguan kamtibmas belakangan ini, serta menindaklanjuti rekomendasi rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) untuk mewujudkan kamtibmas.

Surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin atas nama wali kota itu, ditujukan kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Batam, camat dan lurah serta ketua RT dan RW se-Kota Batam.

Baca: Jadwal Lengkap Latihan dan Lomba MOTOGP Perancis. Dimulai dari Hari Jumat Siang Ini

Baca: Lapar dan Beli Makanan di Burger King tapi Dituduh Pakai Uang Palsu. Tunawisma Ini Gugat Rp14 M

Baca: Simak Info Lowongan Kerja Hari Ini, Mulai dari Ahli Gizi Hingga Manager Project. Ini Persyaratannya

Ada tujuh poin yang disampaikan dalam surat edaran tertanggal 17 Mei 2018 ini.

"Di antaranya meminta seluruh komponen masyarakat dan instansi pemerintah atau swasta agar mengantisipasi dan memelihara kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Caranya dengan memperketat pengawasan terhadap barang dan orang, sehingga terhindar dari tindakan-tindakan yang melawan hukum, seperti aksi terorisme maupun tindakan melawan hukum lainnya," kata Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yudi Admaji, Jumat (18/5/2018).

Meminta yang bersangkutan mengoordinasikan dan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) secara terpadu.

Baca: 2 Spesialis Pencuri Motor antar-Pulau di Batam Ditangkap, Segini Banyak Sudah Aksinya

Baca: GEGER! Kaki Mayat Bercelana Jean Menyembul dari Nisan Kuburan. Fakta di Baliknya Mencengangkan

Baca: Mengejutkan! Beginilah Proses Pembuangan Kotoran Toilet Pesawat Terbang! Tak Seperti Anda Sangka!

Termasuk juga mengimbau agar menggunakan sarana komunikasi seperti sosial media, media cetak atau elektronik secara positif.

"Meminta pimpinan agama dan umat beragama di Batam menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing," ujarnya.

Tak kalah penting, melaporkan hal-hal yang dinilai berpotensi mengganggu kamtibmas ke nomor tunggal panggilan darurat Pemko Batam ke nomor 112 atau ke kepolisian terdekat.

Sebelumnya, pasca aksi teror yang terjadi di Surabaya dan berlanjut ke beberapa daerah lainnya, Wali Kota Batam, Rudi beberapa kali mengajak masyarakat Batam agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Batam.

"Hidupkan siskamling. Kalau ada orang baru yang masuk, RT dan RW harus aktif. Laporkan juga kalau ada hal-hal yang mencurigakan," kata Rudi.

Hal serupa juga disampaikan wakilnya, Amsakar Achmad. Ia meminta masyarakat agar waspada dan menjadi mata-mata pemerintah untuk memberikan informasi.

Itu jika ditemukan praktik atau tindakan yang merugikan Kota Batam. Ia tidak ingin kejadian seperti di Surabaya dan Provinsi Riau terjadi di Kota Batam. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help