Suaminya Pernah Dipenjarakan, Istri Anwar Ibrahir: Awalnya 'Janggal' Maafkan Mahathir tapi. . .

Kemelut politik Malaysia pada 1998 memaksa seorang dokter mata dan seorang ibu dari lima anak banting setir ke politik.

Suaminya Pernah Dipenjarakan, Istri Anwar Ibrahir: Awalnya 'Janggal' Maafkan Mahathir tapi. . .
AHMAD YUSNI/EPA
Wan Azizah Wan Ismail 

TRIBUNBATAM.id, KUALALUMPUR- Kemelut politik Malaysia pada 1998 memaksa seorang dokter mata dan seorang ibu dari lima anak banting setir ke politik.

Dunia itu tak pernah ditekuninya di masa kuliah dan tak pula pernah terbayang akan digelutinya hingga 20 tahun kemudian.

Namun dorongan untuk mendapatkan keadilan bagi suaminya, Anwar Ibrahim, yang dikenai dakwaan korupsi dan disusul dengan dakwaan sodomi ketika Malaysia diperintah oleh Perdana Menteri Mohamad, membuatnya terjun langsung ke dunia politik.

Ia adalah Wan Azizah Wan Ismail, atau Datuk Seri Wan Azizah Wan Ismail jika menggunakan gelar kehormatan yang diberikan oleh sultan.

Ia memimpin Partai Keadilan Rakyat yang didirikan bersama suaminya.

Partai itu dibentuk sebagai upaya mendapatkan keadilan dan juga sebagai kendaraan untuk menjalankan agenda reformasi yang digagas Anwar.

Baca: Anak Anwar Ibrahim Menangis Lihat Ayahnya Bekerja Sama dengan Mahathir Mohamad.Duka Lama Terkuak

Baca: PM Malaysia Mahathir Minta Kepolisian Tidak Menangkap para Pengeritiknya

Dua sosok yang lama berseberangan, Wan Azizah Wan Ismail dan Mahathir Mohamad, kini duduk di satu meja dan satu kabinet. Foto: AHMAD YUSNI/EPA

Dan setelah bersekutu dengan mantan musuh bebuyutan Mahathir Mohamad, oposisi Pakatan Harapan, termasuk PKR di dalamnya, berhasil menumbangkan Barisan Nasional (BN).

Ini merupakan sejarah baru bagi Malaysia karena baru pertama kali terjadi pergantian pemerintahan sejak negara itu merdeka dari Inggris tahun 1957.

Halaman
1234
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved