Berita Batam

Tak Serumit Dulu, Kini Perpanjang Paspor Cukup Bawa KTP-el dan Paspor Lama

Direktorat Jenderal Imigrasi memberi kemudahan bagi warga Indonesia yang ingin mengganti maupun memperpanjang paspor.

Tak Serumit Dulu, Kini Perpanjang Paspor Cukup Bawa KTP-el dan Paspor Lama
Paspor Indonesia 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberi kemudahan bagi warga Indonesia yang ingin mengganti maupun memperpanjang paspor.

Syaratnya, hanya perlu membawa KTP elektronik (KTP-el) dan paspor lama pengguna.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Kantor Wilayah (Kanwil) Kepri Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) RI, Djoko Surono mengatakan untuk perpanjangan paspor masyarakat tidak lagi harus membawa banyak dokumen seperti sebelumnya.

Menurutnya, jika sebelumnya masyarakat sudah pernah memikiki paspor dan mau mengajukan permohonan paspor di Kantor Imigrasi (Kanim) yang sama, maka cukup membawa KTP-el.

Sebab, data dan dokumen pendukung sudah ada.

"Bagaimana pun petugas Imigrasi berhak memeriksa dokumen dan idetitas pemohon. Kalau perpanjang paspornya bukan di Kanim sebelumnya, dengan artian sebelumnya buat paspor di daerah A tapi perpanjangnya di daerah B, maka perlu dilakukan pemeriksaan atau penelitian berkas. Tapi kalau kanimnya sama ya cukup KTP dan membawa paspor lama," kata Djoko Surono beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, syarat untuk perpanjang paspor cukup membawa KTP dan paspor lama, hanya berlaku untuk paspor keluaran di atas 2009.

"Khusus untuk pemilik paspor yang diterbitkan di atas 2009, ketika akan penggantian, persyaratannya cukup KTP-el dan paspor lama," ujarnya.

Djoko melanjutkan, seiring berjalannya waktu, Kanim yang tersebar di banyak daerah di Indonesia terus bergerak mengikuti perkembangan zaman.

Untuk pelayanan sendiri, baik itu perpanjangan paspor, pembuatan baru, maupun mengurus paspor yang hilang, sudah bergerak melalui jalur online, walaupun beberapa kententuan teknis, masih mensyaratkan dilakukan secara manual.

Namun hal tersebut semakin mempermudah masyatakat. (*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help