Menlu AS Kena 'Marah' Presiden Iran,'Siapa Anda kok Berani Buat Keputusan untuk Iran dan Dunia?'

Dikatakan oleh Menlu Mike Pompeo bahwa AS bersedia merundingkan "kesepakatan baru" dengan Iran selama negara itu memenuhi 12 syarat.

Menlu AS Kena 'Marah' Presiden Iran,'Siapa Anda kok Berani Buat Keputusan untuk Iran dan Dunia?'
ATTA KENARE / AFP
Presiden Iran Hassan Rouhani 

TRIBUNBATAM.id- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mengatakan Washington akan menerapkan sanksi kepada Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah.

Langkah ini ditempuh menyusul keputusan Presiden Trump untuk mundur dari kesepakatan nuklir Iran.

Ketika memaparkan 12 syarat bagi kesepakatan baru, Pompeo mengatakan Amerika Serikat (AS) akan memberikan tekanan bersejarah terhadap Iran untuk membatalkan ambisi nuklir dan rudal balistiknya.

Dalam pidato di Washington, Senin (21/05), Pompeo mengatakan Iran akan "kesulitan menopang perekonomiannya" setelah sanksi-sanksi tersebut diberlakukan.

Sikap Iran

Namun demikian, ia tidak membeberkan sanksi-sanksi baru yang akan dijatuhkan. Ia hanya mengatakan bahwa sanksi yang dijatuhkan kepada gubernur bank sentral Iran pekan lalu "hanyalah permulaan".

Pernyataan keras itu langsung ditanggapi oleh Iran dengan nada keras pula.

Presiden Hassan Rouhani mempertanyakan kredibilitas Menlu Mike Pompeo untuk membuat keputusan bagi Iran dan dunia. Foto: KANTOR PRESIDEN IRAN

Presiden Hassan Rouhani mempertanyakan kredibilitas Mike Pompeo dengan mengatakan, "Siapa Anda kok berani membuat keputusan untuk Iran dan dunia?"

Halaman
123
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved