Pilkada Tanjungpinang 2018

Panwaslu Tanjungpinang Rekrut 317 Pengawas TPS Pilwako Pinang! Berapa Honornya?

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tanjungpinang melalui Panwas Kecamatan membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Panwaslu Tanjungpinang Rekrut 317 Pengawas TPS Pilwako Pinang! Berapa Honornya?
Tribunbatam/M Ikhwan
Maryaman Ketua Panwas dan M Zaini Komisioner Panwaslu Tanjungpinang 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tanjungpinang melalui Panwas Kecamatan membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

PTPS yang di direkrut sebanyak 317 orang. Nantinya mereka akan diugaskan di tiap TPS. Masing-masing TPS satu PTPS.

Baca: Heboh! Jaket Merah Gibran di Mata Najwa Banyak Peminat, Bandingkan Harga dengan Jaket Denim Jokowi

Baca: Fantastis! Harga Gaharu Melebihi Emas, Inilah Keistimewaan Tanaman Berjuluk Emas Hijau Nusantara!

Baca: Ditanya Soal Sekdaprov Kepri, Wajah Gubernur Nurdin Basirun Mendadak Berubah! Ada Apa?

Baca: Tragis! Tabrakan di Ketinggian 1.500 Meter, Dua Penerjun Payung Tewas! Begini Kejadiannya!

Ketua Panwaslu Tanjungpinang Maryamah mengatakan perekrutan PTPS tersebut dalam rangka persiapan dan pelaksanaan pengawasan pemungutan suara dalam Pilkada Tahun 2018.

Untuk itu dia mengajak kepada warga Tanjungpinang yang berminat dalam kepemiluan, berintegritas dan profesional, untuk dapat mendaftar.

Pendaftaran dan penerimaan berkas dibuka pada tanggal 21-27 Mei. Kemudian pengumuman penelitian administrasi 31 Mei dilanjutkan Tes Wawancara 1 Juni. Selanjunya pengumuman hasil wawancara 2 Juni, Pelantikan 3 Juni 2018.

"Informasi lebih lanjut, dan berkas formulir pendaftaran bisa didapatkan di Kantor Panwascam, Kantor Camat, Kantor Lurah se-Kota Tanjungpinang," katanya, Selasa (22/5/2018).

Muhamad Zaini, Komisioner Panwaslu Kota Tanjungpinang menambahkan, untuk syarat menjadi PTPS secara umum hampir sama dengan PPL dan Panwascam.

Diantaranya usia minimal 25 tahun, Pendidikan paling rendah SMA/sederajat, berdomisili di kelurahan setempat yang dibuktikan dengan KTP, bukan anggota/pengurus partai politik, memiliki kemampuan (kepemiluan, pengawasan, ketatanegaraan) , memiliki integritas, kepribadian yang kuat dan jujur.

"Jumlah PTPS nantinya ada 1 orang di setiap TPS. Dan KPU telah menetapkan ada 317 TPS Kota Tanjungpinang. Memiliki masa kerja selama 1 bulan", ujar Zaini

PTPS akan memperkuat Panwaslu, Panwascam dan PPL dalam proses pengawasan. Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, PTPS bertugas mengawasi persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara,

persiapan dan pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil perhitungan suara dari TPS ke PPS. PTPS juga di rekrut guna memastikan setiap tahapan penyelenggaraannya sesuai aturan dan prosesur, serta melaporkan setiap ada temuan dugaan pelanggaran.

Oleh karena itu Panwaslu mengimbau, kepada Panwascam dan PPL agar benaar-benar selektif dalam memilih calon Pengawas TPS. Selain memenuhi persyaratan administratif, juga memperhatikan integritas dan profesionalitas.(*)

Tags
Panwaslu
Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved