Mellennial

Sstt, Ternyata Ini Rahasia Sepatu Putih Tetap Terlihat Kinclong

Dalam membersihkan sepatu putih berbahan kanvas, ada sedikit berbeda dengan sepatu lain. Mulai teknik pencucian, pembilasan, hingga pengeringannya.

Sstt, Ternyata Ini Rahasia Sepatu Putih Tetap Terlihat Kinclong
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

TAK banyak yang berani memakai sepatu putih. Meskipun terlihat kece saat dipakai, namun warnanya yang gampang kotor membuat orang berpikir ulang saat ingin menggunakan sepatu dengan warna yang satu ini.

Apalagi, sepatu warna putih berbahan canvas biasaya lebih rentan kotor. Seperti yang dikatakan Nidya Diah Naftali.

Mahasiswi jurusan administrasi negara ini mengungkapkan, jika kotoran yang menempel pada sepatu putih berbahan kanvas akan terlihat jelas. Apalagi jika terkena noda.

"Kalau cara bersihkan sepatu putih dengan sepatu lain berbeda. Caranya saya rendam dulu sepatunya. Terus dicuci sampai bersih. Kalau perlu pakai pemutih kalau nggak ilang nodanya," ujarnya.

Sementara itu, Alifta Rosella, seorang mahasiswi UIB mengaku biasa membersihkan sepatu pada area yang ada noda saja, hal ini agar noda tidak melebar ke mana-mana.

"Cara cucinya berbeda. Saya sikat bagian sepatu yang kotor dengan sabun. Setelah itu dibersihkan lalu di jemur," ujarnnya.

Dalam membersihkan sepatu putih berbahan kanvas, ada sedikit berbeda dengan sepatu lain. Mulai teknik pencucian, pembilasan, hingga pengeringannya.

"Sepatu putih berbahan canvas termasuk bandel saat kotor, tidak sulit membersihkannya jika tahu cara membersihkannya. Sepatu putih kalau belum terlalu bersih berarti ada yang salah dengan teknik pengeringannya, penggunaan sabun, dan kurang paham dengan tekniknnya," kata Ari Purnama, pemilik Arie Pax shop di perumahan Oma, Batam Centre blok AA1 no 15.

Dalam membersihkan sepatu, kita perlu mengikuti beberapa langkahnya. Mulai pembersihan out sol, middle sol, bagian dalam sepatu, barulah upper atau bagian kanvasnya. Dan yang terpenting adalah, pisahkan antara tali dengan sepatu. Agar bersihnya bisa maksimal.

"Sabun juga mempengaruhi. Hindari deterjen dan perendaman sepatu pada deterjen karena akan membuat tektur sepatu rusak. Gunakan sabun sedikit buih saja. Dan sikatnya juga diperhatikan," ujarnya.

Kamu bisa menggantikan deterjen dengan odol untuk pembersihan sol, dan sabun khusus sepatu untuk upper nya. Dan sikat antara sol dengan upper dibedakan juga ya guys.

Selain itu hal yang biasanya salah dari kita adalah dari teknik pengeringan dan pembilasan. Pembilasan sebaiknya di bawah air mengalir, agar kotoran bilasan tidak menempel pada kanvas sepatu. Selain dijemur di bawah sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan alat elektrik untuk pengeringan, seperti hair dryer.

"Tapi kalau gunakan hair dryer jangan setengah-setengah harus sampai sepatu benar-benar kering. Kalau mau jemur di bawah matahari tutupi permukaan sepatu dengan tisu sebelum dijemur. Dan peletakan penjemuran terserah, tidak ada masalah," ungkapnya.

Jika noda lama tidak bisa hilang kamu bisa gunakan pemutih, atau karena sepatumu keseleruhan bagiannya kotor, kamu bisa gunakan pemutih pakaian atau antar langsung ke laundry sepatu. (*)

Tips
Membersihkan Sepatu Putih Kanvas
1. Pisahkan tali dengan sepatunya, bersihkan debu dari bagian dalam sepatu
2. Gunakan sabun khusus sepatu. Begitu juga dengan brush atau sikatnya. Mulai dari bawah sepatu, pinggirnya, dalam sepatu, baru upper atau bagian canvas
3. Bilas dengan air secukupnya. Lap dengan kain bersih.
4. Keringkan secara sempurna jika menggunakan hair dryer. Untuk dijemur di bawah sinar matahari, lapisi sepatu dengan tisu terlebih dahulu. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help