Berita Tanjungpinang

Isi Dialog RRI Tanjungpinang, Momen Lebaran BI Siapkan Uang Baru Rp 3 T! Ini Nominal Pecahannya!

Bank Indonesia menyiapkan uang kartal baru Rp 3 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai warga Kepri saat Lebaran

Isi Dialog RRI Tanjungpinang, Momen Lebaran BI Siapkan Uang Baru Rp 3 T! Ini Nominal Pecahannya!
Tribun Batam/Argianto
Kepala Bank Indonesia Gusti Raizal Eka 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal baru sebanyak 3 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai masyarakat Kepri. Khususnya untuk menghadapi momen lebaran idul fitri.

Bila dibandingkan lebaran tahun lalu, jumlah tersebut bertambah. Karena tahun lalu uang kertas baru yang disiapkan BI menghadapi momen lebaran di Kepri sebesar 2,4 triliun.

Baca: Heboh! Dikenal Kocak saat Nyanyi, Suara Azan Vokalis Ini Bikin Netizen Merinding!

Baca: Jangan Remehkan! Agar Pencernaan Nyaman, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa!

Baca: Mengejutkan! Inilah 7 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Kantuk Saat Jalani Puasa! Mau Mencoba?

Baca: Bikin Nyaman Tubuh! Jangan Pernah Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Naik Pesawat!

Kepala BI Perwakilan Kepri Gusti Raizal Eka Putra mengatakan persiapan uang kertas baru tersebut memang merupakan program BI. Karena momen lebaran banyak cuti bersama dan libur panjang. Sehingga bank tidak buka.

"Tahun lalu 2,4 T, tahun ini kita siapkan 3 T uang baru unuk kebutuhan di Kepri. Memang bertambah, ini untuk antisipasi saja," katanya, usai dialog di RRI Tanjungpinang, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya masyarakat yang menukarkan uang pecahan tertentu bisa melakukan penukaran di bank. Pihaknya juga melakukan kas keliling.

Untuk di Tanjungpinang, BI memberlakukan kas titipan ke bank Mandiri. Jadi untuk bank yang membutuhkan uang kartal baru bisa mengambilnya di kas titipan tersebut, tidak perlu ke Batam.

Untuk kota Tanjungpinang, kas titipan uang baru di Mandiri pada momen lebaran ini disiapkan sebanyak 200 milyar. Seandainya kurang BI akan menambah lagi.

Menurutnya pecahan paling banyak yang disiapkan adalah nominal Rp20 ribu, Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Kemudian pecahan lainnya hanya sebagian kecil atau sekitar 10 persen. Seperti pecahan 10 ribu, lima libu, dua ribu, dan koin.

"Memang biasanya lebaran ini transaksi tunai meningkat. Karena bank banyak tutup," katanya.

Kemudian dia juga mengimbau kepada masyatakat bila menukarkan uang unuk menukarkannya di tempat yang resmi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help