Mengaku Sebabkan Kebakaran Hebat di AS, Bocah Ini Didenda Rp508 Miliar. Begini Caranya Membayar

Denda dijatuhkan setelah dia mengaku menjadi penyebab terjadinya kebakaran besar di hutan liar di Oregon, AS pada September 2017 lalu.

Mengaku Sebabkan Kebakaran Hebat di AS, Bocah Ini Didenda Rp508 Miliar. Begini Caranya Membayar
bidik layar dari straits times
Kebakaran hutan di California. 

TRIBUNBATAM.id, OREGON - Seorang remaja berusia 15 tahun dijatuhi hukuman membayar ganti rugi hingga 36 juta dolar AS (sekitar Rp 508 miliar).

Denda dijatuhkan setelah dia mengaku menjadi penyebab terjadinya kebakaran besar di hutan liar di Oregon, AS pada September 2017 lalu.

Keputusan tersebut dibacakan hakim pengadilan di Hood River, Oregon, dalam persidangan yang digelar pada Senin (21/5/2018).

Hakim tersebut, membuat keputusan itu setelah meninjau kesesuaian dengan undang-undang yang berlaku, memaksakan denda yang sangat besar kepada anak di bawah umur.

Hakim mengatakan, remaja itu tetap harus membayar ganti rugi tersebut meski dengan cara dicicil.

Demikian diberitakan The Oregonian dilansir New York Post.

Baca: MENGERIKAN! Bak Letusan Gunung Merapi, Kebakaran Hutan California Menggila. Asapnya Tebal di Udara

Baca: Akhirnya Kebakaran Hebat Israel Berhasil Dipadamkan, Palestina Ikut Membantu

"Saya cukup puas dengan perintah ganti rugi dalam kasus ini yang menunjukkan beratnya pelanggaran yang dilakukan oleh remaja itu," kata Hakim John A Olson dalam catatan keputusan ganti rugi tersebut.

Dia menambahkan, ganti rugi sebesar 36 juta dollar AS yang dibebankan sudah sangat proporsional dengan pelanggaran yang dilakukannya, serta tidak melebihi nilai kerusakan yang ditimbulkan akibat tindakan remaja itu.

Sementara pihak pengacara terdakwa, sanksi yang dijatuhkan kepada kliennya terlalu tidak masuk akal, terutama dalam besaran ganti rugi yang menurutnya absurd dan konyol.

Kebakaran besar yang melanda hutan liar di Oregon pada 5 September 2017 lalu menghanguskan lahan seluas lebih dari 7.000 hektar.

Kerugian akibat kebakaran di antaranya dialami Departemen Kehutanan AS sebesar 21 juta dolar (Rp 296 miliar), Departemen Trasportasi Oregon sebesar 12,5 jta dolar (Rp 176 miliar), serta masing-masing kerugian 1 juta dolar (Rp 14 miliar) untuk Pemadam Kebakaran Oregon dan Perusahaan Perkeretaapian Union Pacific.

(kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebabkan Kebakaran Hutan, Seorang Remaja Didenda Rp 508 Miliar"

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help