Berita Anambas

Optimalisasi Proyek Palapa Ring Barat Terkendala Perbup Anambas Soal BTS, Ini Reaksi Pemkab!

Ada Perbup yang mengatur untuk tower di atas ketinggian 52 meter harus menggunakan amdal. Ini yang agak memberatkan rekanan

Optimalisasi Proyek Palapa Ring Barat Terkendala Perbup Anambas Soal BTS, Ini Reaksi Pemkab!
tribunbatam/septyan mulia rohman
Project overview Palapa Ring Barat Project. Pemerataan akses bandwidth guna mendukung telekomunikasi mutlak diperlukan pada tiga pulau besar di Anambas. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-Optimalisasi proyek Palapa Ring Barat (PRB) ke sejumlah desa mengalami kendala.

Itu setelah ada Peraturan Bupati yang mengatur tentang pendirian Base Tranceiver Station (BTS) pada ketinggian tertentu untuk menggunakan Analisis Dampak Lingkungan.

Baca: Mengejutkan! Inilah 7 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Kantuk Saat Jalani Puasa! Mau Mencoba?

Baca: Jangan Remehkan! Agar Pencernaan Nyaman, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa!

Baca: Bikin Nyaman Tubuh! Jangan Pernah Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Naik Pesawat!

Baca: Heboh! Ingin Punya Istri Cantik dan Dibayar Harga Tinggi? Coba Nikahi Wanita dari 7 Negara Ini!

Jeprizal Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan statistik Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, pihak pengembang yang ingin mendirikan BTS itu pun sedikit keberatan dengan adanya peraturan ini.

"Ada Perbup yang mengatur untuk tower di atas ketinggian 52 meter harus menggunakan amdal. Ini yang agak memberatkan rekanan," ujarnya saat ditemui di kantor Bupati Anambas Rabu (23/5/2018).

Jeprizal menjelaskan, selain Pulau Siantan, target jangka pendek program itu menyasar ke sejumlah desa di Kecamatan Palmatak. Kendala ini pun,

diakuinya telah ia sampaikan secara tertulis kepada Sekretaris Daerah yang juga menjabat sebagai Satgas percepatan berusaha sesauai Keputusan Presiden tahun 2018.

Dalam usulan itu, pihaknya meminta untuk meninjau kembali Perbup tersebut, khususnya tentang urusan komunikasi dan informatika salahsatunya dalam pembangunan BTS.

‎Dari surat itu, Sekretaris Daerah membalas surat yang dilayangkan Disominfo dan memerintahkan untuk membuat telaah staf dan draf revisi Perbup khususnya untuk bidang telekomunikasi dan informatika.

"Nantinya Beliau akan memanggil tim teknis untuk merapatkan usulan review Perbup itu," bebernya. ‎Diskominfo pun menurutnya berada pada pilihan dilematis.

Satu sisi untuk ditarget dalam mewujudkan RPJMD khususnya pada bidang telekomunikasi, namun di sisi lain dihadapkan pada Perbup yang terkesan menghambat investasi.

"Harusnya kan mempermudah untuk mempercepat. Jangan sampai malah kesannya menghambat," ungkapnya seraya mengatakan terdpat tiga BTS yang bakal dibangun pada tahun ini yang dikoneksikan dengan menggunakan Palapa Ring Barat (PRB).

Proyek Palapa Ring Barat di Anambas ini sebelumnya mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat. Ini dibuktikan dengan kunjungan Menkominfo Rudiantara yang datang meninjau lokasi NOC di Air Padang Kecamatan Siantan beberapa waktu lalu.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help