Berita Tanjungpinang

Pemko Tanjungpinang Minta Pelindo Tunda Sebulan Kenaikan Pas Masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura!

Pemko Tanjungpinang minta Pelindo menunda sebulan pemberlakukan kenaikan pas masuk ke Pelabuhan Sri Bintan Pura. Ini alasannya!

Pemko Tanjungpinang Minta Pelindo Tunda Sebulan Kenaikan Pas Masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura!
TribunBatam/Wahib Waffa
Suasana pelabuhan sri bintan pura di Tanjungpinang saat libur long weekend, Minggu (1/4/2018) 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang menyetujui rencana PT Pelindo 1 memaikan pas masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP).

Karena Pelindo juga sudah melengkapi fasilitas pelabuhan. Hanya saja, Pemko mengusulkan kepada Pelindo 1 agar kenaikan diundur sebulan.

Baca: BREAKINGNEWS: Pelindo Pinang Berikan 815 Tiket Mudik Gratis! Ini Tujuan dan Syarat Daftarnya!

Baca: Per 1 Juni Tarif Masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Terminal Domestik Rp 10 Ribu!

Baca: Jangan Remehkan! Agar Pencernaan Nyaman, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa!

"Rencana awal mereka mau naik. Tapi diminta lengkapi fasilitasnya. Sekarang sudah lengkap. Jadi wajar dan tentu sudah ada itung-itungannya kenapa naik segitu.

Cuma arahan Pak Walikota minta diundur satu bulan. Rencana awal 1 Juni jadi kita minta ditunda jadi 1 Juli," kata Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (23/5/2018).

Pemko pun akan melakukan koordinasi dengan Pelindo 1 terkait usulan tersebut. Riono berharap agar usulan tersebut bisa diterima. Karena dikhawatirkan bila dilaksanakan kenaikan pas pelabuhan sebelum lebaran akan berdampak pada inflasi.

"Soal bagi hasil dengan PT Tanjungpinang Makmur Bersama itu sudah dituntukan dalam perjanjian kerja sama. Tentu kalau BUMD maju akan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah," katanya.

Sebelumnya, PT Pelindo 1 Cabang Kota Tanjungpinang akan melakukan penyesuaian tarif pas masuk pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP). Penyesuaian tarif tersebut rencananya akan diberlakukan mulai 1 Juni mendatang.

General Manager PT Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang I Wayan Wirawan mengatakan penyesuaian tarif tersebut sesuai dengan komitmen Pelimdo 1 untuk memberikan pelayanan yang baik terlebih dulu. Karena sebelumnya rencana penyesuaian tarif sempat ditunda.

"Mudah-Mudahan dengan kenyamanan yang sudah kita berikan, ini penyesuaian tarif tidak menjadi masalah lagi. Mudah mudahan ini berjalan baik," katanya.

Kenaikan tarif tersebut sudah seharusnya dilakukan agar secara bisnis pelabuhan SBP bisa membiayai dirinya sendiri.

Suasana penumpang pelabuhan sri bintan pura di Tanjungpinang saat libur long weekend, Minggu (1/4/2018)
Suasana penumpang pelabuhan sri bintan pura di Tanjungpinang saat libur long weekend, Minggu (1/4/2018) (tribunbatam/wahib waffa)

Untuk sosialisasi, pihaknya telah melakukan sosialisasi. Diantaranya dengan memasang spanduk di SBP. Adapun dasar penyesuaian tarif tersebut adalah SK Direksi Pelindo 1 No US. 11/1/20/P1-18 tentang Penyesuaian Tarif Pelayanan Jasa Penumpang (PAS).

Untuk terminal domestik yang sebelumnya pas masuk penumpang dab pengamtar penjemput Rp5.000 sekali masuk menjadi Rp10.000.

Sedangkan untuk terminal internasional WNA Rp60 ribu dan WNI Rp40 ribu. Sebelumnya tarif pelabuhan internasional ini yakni WNA Rp55 ribu dan WNI Rp35 ribu.(*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved