Mellennial

Trik Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Membersihkan wajah memang penting, tapi tahukah guys kalau kita harus hati-hati sebelum mencuci wajah. Bagaimana triknya?

Trik Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

MEMILIKI wajah bersih dan kinclong siapa sih yang nggak mau guys. Dan untuk mendapatkan kulit bersih dan cerah, ada banyak cara yang dilakukan. Yang palin mudah adalah dengan rutin mencuci wajah.

Rezky Permata Sari, misalnya. Cewek yang baru lulus SMA ini mengaku sehari bisa dua kali membersihkan wajahnya. Karena ia mempunyai tipe kulit wajah berminyak.

"Sebelum cuci pakai sabun, saya pakai pembersih wajah dulu. Jadi minyaknya bisa sedikit hilang saat itu," katanya.

Berbeda dengan Rezky, Suci Ramadhani hanya menggunakan sabun wajah saja. Karena skin care yang dia gunakan sudah ada sabun di dalamnya.

"Cuci muka pakai sabun langsung, karena skin care hanya ada sabun, setelah itu baru dibersihkan pakai toner," ungkapnya.

Membersihkan wajah memang penting, tapi tahukah guys kalau kita harus hati-hati sebelum mencuci wajah. Terutama dengan memperhatikan tipe kulit wajah terlebih dahulu. Apakah cenderung kering atau berminyak. Karena memahami tipe kulit wajah sangat menentukan jenis pembersihmu.

"Setelah beraktivitas, make up tentu harus dibersihkan. Kalau make up terlalu tebal, bisa menggunakan susu pembersih dahulu, baru gunakan sabun. Dan pemilihannya juga sesuai dengan kulit wajah. Tapi sebaiknya menggunakan yang water based saja karena cenderung lebih aman," kata dr Hilda L, Dipl AAAM, Aesthetic consultant Miracle Aesthetic Clinic, Batam Centre.

Bagi pemilik wajah kering, sebaiknya menggunakan susu pembersih saja. Karena hal ini untuk menghindari kulit wajah yang semakin kering.

Sementara itu, pemilihan pembersih yang water based bukan hanya untuk wajah berminyak saja tetapi juga bisa digunakan untuk wajahnya yang kering.

"Kalau mau menggunakan make up remover tidak masalah tetapi sebaiknya menggunakan make up remover pada make up yang waterproof saja. Jadi pada bagian tertentu saja yang menggunakan make up remover," katanya.

Jadi perlu diperhatikan ya guys, tidak semua yang berhubungan dengan membersihkan wajah bisa kamu gunakan. Oil based untuk wajah berminyak sebaiknya dihindari untuk meminimalisir minyak pada wajah akan bertambah.

Dan untuk wajah kering juga, penggunaan sabun pencuci wajah tidak sesering mungkin digunakan. Karena sabun dapat mengikis minyak pada wajah. (*)

Tips
Cara Bersihkan Wajah dengan Benar
1. Wajah berminyak lakukan dua kali pembersihan dengan susu pembersih dan sabun cuci.
2. Untuk wajah kering, cukup menggunakan susu pembersih saja
3. Bersihkan wajah cukup pagi dan malam. Jika siang hari ingin dibersihkan cukup dengan susu pembersih saja. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help